Kompas TV nasional update

Resmi, Mensos Umumkan Bansos BBM Cair Mulai September 2022, Ini Angka dan Jadwal Pembagiannya

Kompas.tv - 3 September 2022, 14:44 WIB
resmi-mensos-umumkan-bansos-bbm-cair-mulai-september-2022-ini-angka-dan-jadwal-pembagiannya
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Sabtu (3/9/2022). (Sumber: Tangkapan layar tayangan Breaking News KOMPAS TV)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengumumkan bantuan sosial atau bansos terkait bahan bakar minyak (BBM) bakal cair mulai September 2022.

"Jadi kami ingin menjelaskan bahwa saat ini, dari rencana 20,65 juta KPM (keluarga penerima manfaat, red) penerima manfaat, itu sudah siap salur di PT Pos 18.486.756," kata Risma dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Sabtu (3/9/2022).

"Sisanya sedang proses cleansing, karena seperti kita ketahui, misalkan kita umumkan hari ini, jam ini, satu jam atau berapa menit kemudian ada yang meninggal," imbuhnya.

Mantan wali kota Surabaya itu lantas menjelaskan, data dalam tahap cleansing meliputi tiga ratus ribuan kepala keluarga (KK).

"Jadi kita perlu cleansing, masih ada 313.244 keluarga penerima manfaat di PT Pos yang sedang kita cleansing bersama," imbuhnya.


Baca Juga: Wacana Harga BBM Naik Kian Panas, Disambut Demo dan Panic Buying, Harga BBM Non Subsidi Justru Turun

Risma juga menjelaskan jadwal pembagian bansos BBM.

"Pemberian ini akan kita berikan 150.000, empat kali namun kita berikan dalam dua tahap. Jadi per tahapnya Rp300.000. Kita berikan per September ini, dan nanti pada awal Desember, kita berikan yang kedua," lanjut Mensos.

Adapun dalam pembagian bansos BBM nanti, masyarakat bisa mengakses Usul Sanggah di situs Kementerian Sosial (Kemensos).

"Masyarakat bisa mengusulkan dirinya sendiri ke dalam program usul sanggah, dan kami akan dicek di lapangan lewat pendamping," ungkap Risma.

Ia mengeklaim, saat ini Kemensos RI memiliki 70.000 pendamping di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Soal Subsidi BBM: Apakah Angka Rp502 Triliun Ini Masih Kuat Kita Pertahankan?

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x