Kompas TV internasional kompas dunia

Pria Ini Disengat Lebah 20.000 Kali hingga Menghitam dan Gagal Ginjal, Diyakini akan Pulih Total

Kompas.tv - 3 September 2022, 13:13 WIB
pria-ini-disengat-lebah-20-000-kali-hingga-menghitam-dan-gagal-ginjal-diyakini-akan-pulih-total
Ilustrasi. Seorang pria asal negara bagian Ohio, Amerika Serikat (AS) yang disengat lebah hingga 20.000 kali pada pekan lalu diyakini akan pulih sepenuhnya. (Sumber: Unsplash.com/Edgar Chaparro)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

CINCINNATI, KOMPAS.TV - Seorang pria asal negara bagian Ohio, Amerika Serikat (AS) yang disengat lebah hingga 20.000 kali, diyakini akan selamat. Pria itu tengah mendapatkan perawatan dan pihak keluarga menyebut ada harapaan ia bakal pulih.

Menurut laporan The Guardian, Jumat (2/9/2022), insiden serangan lebah ini terjadi pada 26 Agustus lalu. Saat itu, pria bernama Austin Bellamy tersebut sedang memanjat pohon untuk memotongi cabang.

Ketika naik sebatang pohon lemon yang tinggi dengan bantuan tali penahan, Bellamy tak sengaja merusak sebuah sarang lebah.

“Ketika dia mulai memotongnya, itulah saat lebah-lebah itu bermunculan. Dia berusaha turun, tetapi tidak bisa,” kata nenek Bellamy, Phyllis Edwards, kepada Cincinnati Enquirer via The Guardian.

“Dia berteriak, ‘Tolong! Tolong saya! Tolong!’ dan tidak ada orang yang bisa menolongnya,” lanjut sang nenek.

Edwards, berada di lokasi kejadian bersama paman Bellamy, hanya bisa melihat cucunya diserbu lebah beramai-ramai. Mereka tidak bisa naik tangga untuk menolong Bellamy karena mereka juga diserang lebah.

“Saya mencoba memanjat tangga untuk mencapai Austin (Bellamy). Saya melihat betapa tinggi dia. Namun, saya tidak bisa mencapainya karena saya dikepung lebah,” kata Edwards.

Baca Juga: Lebah Ternyata Punya Kecerdasan, Kepekaan, Emosi, dan Perasaan, Kata Penelitian Terbaru di Inggris


Austin Bellamy baru bisa dievakuasi saat tim paramedis dan pemadam kebakaran tiba di lokasi. Pria berusia 20 tahun itu berhasil diselematkan setelah petugas memotong tali penahannya.

“Dia ditutupi lebah, berteriak minta tolong. Terlalu berat untuk saya hadapi. Ini terlihat seperti dia ditutupi selimut hitam di kepalanya yang menurun ke leher, menurun ke lengannya,” kata ibu Bellamy, Shawna Carter.

Menurut Carter, petugas pemadam kebakaran menyebut lebah yang menyerang anaknya adalah hasil persilangan antara lebah madu barat dan lebah madu dataran rendah Afrika timur. Jenis ini disebut lebih defensif dibanding jenis lebah lainnya.

Austin Bellamy dilarikan ke pusat medis Universitas Cincinnati menggunakan helikopter. Selain disengat 20.000 kali, dokter juga menemukan bahwa ia menelan sekitar 30 lebah.

“(Lebah) meninggalkan penyengat sepanjang satu inci. Ketika saya mengusap kepalanya pada Jumat sebelum mereka menerbangkannya ke sini, rasanya seperti dia menjelma menjadi landak,” kata Carter.

Lebih lanjut, Carter menyampaikan bahwa Bellamy menderita gagal ginjal akibat serangan lebah ini.

Akan tetapi, tim dokter berhasil menyelamatkannya dan Austin Bellamy diperkirakan bisa pulih sepenuhnya dalam waktu dekat.

Baca Juga: Detik-detik Ribuan Lebah Serang Pengguna Jalan Setelah Truk Pengangkutnya Terguling



Sumber : The Guardian


BERITA LAINNYA



Close Ads x