Kompas TV internasional kompas dunia

Lebah Ternyata Punya Kecerdasan, Kepekaan, Emosi, dan Perasaan, Kata Penelitian Terbaru di Inggris

Kompas.tv - 17 Juli 2022, 19:41 WIB
lebah-ternyata-punya-kecerdasan-kepekaan-emosi-dan-perasaan-kata-penelitian-terbaru-di-inggris
Penelitian terbaru di Queen Mary University of London, Inggris menunjukkan lebah punya emosi, dapat merencanakan dan membayangkan sesuatu, dan dapat mengenali diri mereka sendiri sebagai entitas unik yang berbeda dari lebah lainnya. (Sumber: Guardian)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

LONDON, KOMPAS.TV - Lebah dihormati orang Mesir kuno, dipuji Shakespeare, ditakuti oleh Winnie-the-Pooh dan, yang terbaru, madunya sangat dihormati sebagai obat dalam ajaran Islam, dan terlibat pertikaian dengan Rowan Atkinson dalam serial hit Netflix, Man vs Bee.

Tapi suka atau benci, Anda mungkin terkejut saat mengetahui seberapa banyak yang diketahui tentang lebah berdasarkan penelitian ilmiah, seperti dilaporkan Guardian, Sabtu (16/7/2022).

"Kami sekarang punya bukti sugestif bahwa ada beberapa tingkat kesadaran pada lebah, yaitu perasaan, dan mereka memiliki keadaan seperti emosi," kata Lars Chittka, profesor ekologi sensorik dan perilaku di Queen Mary University of London, Inggris.


Chittka telah mempelajari lebah selama 30 tahun dan dianggap sebagai salah satu pakar terkemuka dunia dalam sistem sensorik dan kognisi lebah.

Dalam buku terbarunya, The Mind of a Bee, yang diterbitkan 19 Juli, ia berpendapat lebah membutuhkan perlindungan kita, bukan hanya karena mereka berguna untuk penyerbukan tanaman dan keanekaragaman hayati, tetapi karena mereka mungkin makhluk yang memiliki kehidupan – dan manusia memiliki kewajiban etis untuk memastikan kelangsungan hidup mereka.

“Pekerjaan kami dan laboratorium lain menunjukkan lebah adalah individu yang sangat cerdas. Mereka dapat menghitung, mengenali gambar wajah manusia dan mempelajari penggunaan alat sederhana dan konsep abstrak.”

Baca Juga: Gawat, Habitat Lebah Terancam oleh Lahan Pertanian dan Pembangunan Massal di Seluruh Dunia!

Penelitian terbaru di Queen Mary University of London, Inggris menunjukkan lebah punya emosi, dapat merencanakan dan membayangkan sesuatu, dan dapat mengenali diri mereka sendiri sebagai entitas unik yang berbeda dari lebah lainnya. Lebah bahkan bisa dilatih hal-hal sangat sederhana. (Sumber: Guardian)

Menurutnya, lebah punya emosi, dapat merencanakan dan membayangkan sesuatu, dan dapat mengenali diri mereka sendiri sebagai entitas unik yang berbeda dari lebah lainnya.

Chittka menarik kesimpulan ini dari eksperimen di laboratoriumnya dengan lebah pekerja betina.

“Setiap kali seekor lebah mendapatkan sesuatu yang benar, dia mendapat hadiah gula. Begitulah cara kami melatih mereka, misalnya, untuk mengenali wajah manusia.”

Dalam eksperimen ini, lebah yang diperlihatkan beberapa gambar monokrom wajah manusia mengetahui bahwa salah satunya dikaitkan dengan hadiah gula.

“Kemudian, kami memberi mereka pilihan wajah yang berbeda dan tidak ada hadiah, dan bertanya: mana yang Anda pilih sekarang? Dan memang, mereka dapat menemukan yang benar dari berbagai wajah yang berbeda.”

Lebah hanya membutuhkan selusin hingga dua lusin sesi pelatihan untuk menjadi “pengenal wajah yang mahir”, kata Chittka.

Dalam percobaan penghitungan, lebah dilatih untuk terbang melewati tiga tempat yang identik menuju sumber makanan.

“Setelah mereka terbang dengan andal ke sana, kami meningkatkan jumlah tonggak atau landmark dengan jarak yang sama atau menguranginya.”

Baca Juga: Hewan Berbisa Apakah Yang Paling Berbahaya di Australia? Lebah Jawabannya. Kenapa? Simak Ini.

Penelitian terbaru di Queen Mary University of London, Inggris menunjukkan lebah punya emosi, dapat merencanakan dan membayangkan sesuatu, dan dapat mengenali diri mereka sendiri sebagai entitas unik yang berbeda dari lebah lainnya. (Sumber: Wikipedia/Sajjad Fazel)

Ketika landmark ditempatkan lebih dekat satu sama lain, lebah cenderung mendarat lebih awal dari sebelumnya dan sebaliknya ketika landmark ditempatkan lebih jauh.

“Jadi mereka menggunakan sejumlah landmark untuk mengatakan: 'ah ha, saya sudah terbang cukup jauh, ini tempat yang bagus untuk mendarat.'”

Karena penandanya identik, dia bisa yakin lebah tidak mengidentifikasi yang tertentu ketika memutuskan seberapa jauh untuk terbang.

“Mereka benar-benar bisa mendapatkan solusi hanya dengan menghitung jumlah landmark.”

Lebah juga mampu membayangkan bagaimana sesuatu akan terlihat atau terasa, misalnya, mereka dapat mengidentifikasi lingkup ruang secara visual yang sebelumnya hanya mereka rasakan dalam kegelapan, dan sebaliknya.

Dan mereka dapat memahami konsep-konsep abstrak seperti “sama” atau “berbeda”.

Chittka mulai menyadari beberapa individu lebah lebih ingin tahu dan lebih percaya diri daripada yang lain.



Sumber : Kompas TV/Guardian


BERITA LAINNYA



Close Ads x