Kompas TV olahraga kompas sport

UEFA Hukum Milan, Inter, Juve, Roma dan PSG karena Langgar Financial Fair Play

Kompas.tv - 2 September 2022, 23:25 WIB
uefa-hukum-milan-inter-juve-roma-dan-psg-karena-langgar-financial-fair-play
UEFA sanksi AC Milan, Inter Milan, Juventus, AS Roma dan PSG karena langgar aturan Financial Fair Play (FFP).(Sumber: Twitter @UEFA)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - UEFA telah mengumumkan bahwa delapan tim dihukum karena melanggar aturan Financial Fair Play (FFP). 

Kedelapan klub tersebut adalah AC Milan, Inter Milan, Juventus, AS Roma, PSG, AS Monaco, Marseille dan Besiktas. 

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh UEFA, Jumat (2/9/2022), menegaskan bahwa delapan klub tersebut telah menyetujui kontribusi keuangan sebesar 172 juta euro atau Rp2,56 triliun. 

Nantinya, uang tersebut akan dipotongkan dari pendapatan yang diperoleh klub-klub tersebut dari berpartisipasi kompetisi klub Eropa. 

Akan tetapi, dari 172 juta euro tersebut hanya 26 juta euro yang harus dibayar penuh oleh kedelapan tim, sedangkan sisanya adalah kondisi berdasarkan kepatuhan dengan target yang dinyatakan dalam perjanjian penyelesaian masing-masing.

Dengan kesepakatan itu, Milan telah diminta untuk membayar 2 juta euro dari total 15 juta euro, Juventus harus membayar 3,5 juta euro dari total 23 juta euro, Inter 4 juta euro dari total 26 juta euro dan Roma harus membayar 5 juta dari 35 juta euro denda mereka. 

Baca Juga: Waduh, 10 Tim Bakal Kena Sanksi UEFA karena Langgar Financial Fair Play, Klub Mana Saja?

Denda terbesar jatuh ke Paris Saint-Germain, yang harus membayar 10 juta euro dari 65 juta euro yang tercakup dalam perjanjian penyelesaian.

Sisa dari denda tersebut akan dibayarkan Monaco (0,3 juta euro dari 2 juta euro), Marseille (0,3 juta dari €2 juta euro) dan Besiktas (0,6 juta euro dari 4 juta euro). 

Sementara itu, tim lain seperti Napoli, Lazio, Barcelona, Chelsea, Leicester City, Manchester City, dan West Ham United, mereka lolos dari hukuman UEFA. 

Klub-klub tersebut dilepas dari hukuman karena mengalami kerugian besar akibat pandemi Covid-19 dalam tiga tahun terakhir serta dianggap punya histori keuangan yang baik. 

Tapi mulai periode ini, keuangan klub-klub tersebut akan "dimonitor dengan cermat."

Tim lain yang merugi karena Covid-19 seperti Borussia Dortmund, FC Basel, Union Berlin, Fenerbahce, Feyenoord, Olympique Lyonnais, Glasgow Rangers, Real Betis, Royal Antwerpen, Sevilla, Trabzonspor dan VfL Wolfsburg juga dinyatakan bebas dari hukuman.  

Baca Juga: Usai Jadi Pemain Terbaik UEFA, Benzema: Ronaldo Sangat Membantu Saya dalam Mencetak Gol



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x