Kompas TV nasional peristiwa

Kisah Mahasiswa UIN Ciptakan Qibla Box, Instrumen Robotik Penentu Arah Kiblat

Kompas.tv - 31 Agustus 2022, 13:04 WIB
kisah-mahasiswa-uin-ciptakan-qibla-box-instrumen-robotik-penentu-arah-kiblat
Potret Qibla Box, instrumen robotik penentu arah kiblat yang diciptakan mahasiswa UIN Walisongo Semarang (Sumber: Kemenag)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TVA - Namanya Qibla Box, sebuah intstrumen robotik yang bisa menentukan arah kiblat. Mesin itu ternyata diciptakan oleh mahasiswa dari kampus yang biasanya identik dengan agama, yakni Fajrullah dari Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang.

Fajrul, sapaannya adalah seorang mahasiswa S2 magister ilmu falak Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang asal Palu, Sulawesi Tengah.

Ia berhasil membuat inovasi dan terobosan baru di bidang Ilmu Falaq (ilmu perbintangan dalam Islam). Dia merancang dan mengembangkan instrumen robotik penentuan arah kiblat itu yang lantas diberi nama  Qibla Box.

Qibla Box merupakan hasil produk penelitian tesis  yang berjudul "Qibla Box dalam penentuan Arah Kiblat".

Riset ini dinobatkan sebagai tesis terbaik tingkat universitas dalam wisuda periode 22 Agustus 2022 di Auditorium kampus 3 UIN Walisongo Semarang. 

Baca Juga: Cek Arah Kiblat saat Matahari Tepat di Atas Ka'bah Hari Ini, Simak Waktunya

Lantas, apa kelebihan alat ini?

Menurut Fajrul, riset terkait QIbla Boz ini berawal dari permasalahan penggunaan instrumen-instrumen penentu arah kiblat yang sangat bergantung dengan cahaya matahari.

Akibatnya, penentuan arah kiblat tidak bisa dilakukan di ruangan tertutup atau gedung bertingkat yang tidak mendapat cahaya matahari.

Masalah lainnya dalam penentuan kiblat, penentuan arah kiblat menjadi hanya bisa dilakukan pada siang hari.

Qibla Box, kata Fajrul, dirancang untuk menjawab permasalahan-permasalahan tersebut. Instrumen ini saat digunakan tidak membutuhkan cahaya matahari.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x