Kompas TV regional berita daerah

Cafe Tulus Rumah Bagi Teman Tuli Makassar

Kompas.tv - 29 Agustus 2022, 13:49 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Sebuah kafe di makassar menjadi rumah bagi mereka yang mengalami masalah pendengaran dan bisu. Betapa tidak para pekerjanya juga penyandang disabilitas.

Sekilas tak ada yang berbeda dari kafe tulus. Suasananya santai dengan menawarkan menu khas seperti kopi dan makanan. Namun yang berbeda saat memesan pengunjung menggunakan bahasa isyarat atau bisindo. Kafe yang beralamat di jalan ujung bori kelurahan antang kecamatan manggala makassar ini memberikan pengalaman yang berbeda. Pelayan koki hingga barista adalah teman tuli. Memudahkan pengunjung saat memesan menu pengelolah menyediakan banner dan mural berisi gambaran  huruf dalam bahasa isyarat.

Pemilik kafe tulus taufik mengatakan konsep ini dibuat berawal dari projek kerja bersama teman tuli yang kesulitan memperoleh kerja. Dengan bantuan modal dari pln taufik akhirnya membuat kafe tulus  untuk memberikan ruang bagi teman tuli untuk bersantai belajar dan membuat konten. Taufik berharap masyarakat melihat teman tuli mampu setara dengan pekerja lainnya yang berprofesi sebagai barista hingga koki.
Selain berbeda dengan kafe pada umumnya kafe tulus juga menawarkan menu yang rasanya tidak kalah dari kafe lainnya.

kafe tulus kini menjadi rumah bagi teman tuli. Promosikan kafe tulus banyak diantara teman tuli membuat konten di media sosial.


#kaferamahdisabilitas
#bahasaisyarat
#temantuli



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x