Kompas TV internasional kompas dunia

Simpati Masyarakat Jepang pada Pembunuh Shinzo Abe, Sorot Anak yang Ditelantarkan Orang Tua Fanatik

Kompas.tv - 27 Agustus 2022, 09:20 WIB
simpati-masyarakat-jepang-pada-pembunuh-shinzo-abe-sorot-anak-yang-ditelantarkan-orang-tua-fanatik
Tetsuya Yamagami (kiri), pelaku pembunuhan eks Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dikawal polisi untuk dipindahkan ke kantor kejaksaan dari kantor kepolisian Nara, Jepang, 10 Juli 2022. Berpekan-pekan usai pembunuhan Abe, sebagian masyarakat Jepang mulai mencoba memahami latar belakang Tetsuya Yamagami, bahkan menunjukkan simpati.(Sumber: Juntaro Yokoyama/Kyodo News via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

TOKYO, KOMPAS.TV - Pembunuhan eks Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe pada 8 Juli 2022 lalu mengguncang masyarakat Jepang yang jarang menyaksikan kekerasan politik. Pembunuhan ini menuai kecaman luas dari publik dan pelakunya, Tetsuya Yamagami, telah ditangkap polisi.

Yamagami disebut nekat membunuh Abe karena keterkaitan politikus itu dengan suatu kelompok kultus agama.

Kelompok yang dimaksud diduga adalah Gereja Unifikasi, gerakan keagamaan yang didirikan pada 1954 oleh Sun Myung Moon, pemimpin religius asal Korea Selatan yang mengaku-aku sebagai juru selamat.

Ibu Yamagami diketahui menjadi jemaah kultus itu dan telah mendonasikan ratusan juta yen. Kegandrungan sang ibu terhadap aktivitas kelompok itu membuat keluarganya tak terurus dan miskin.

Latar belakang Yamagami pun menimbulkan kejutan baru dalam perkembangan kasus pembunuhan Shinzo Abe beberapa pekan terkini. 

Menurut laporan Associated Press, Sabtu (27/8/2022), sebagian masyarakat Jepang mulai mencoba memahami latar belakang tersangka berusia 41 tahun tersebut, bahkan menunjukkan simpati.

Baca Juga: Buntut Eks PM Shinzo Abe Terbunuh, Kepala Polisi Jepang Mengundurkan Diri: Kami Butuh Sistem Baru

Orang-orang segenerasi Yamagami, yang juga menderita akibat kelesuan ekonomi dan kekacauan sosial tiga dekade terkini, disebut dapat menautkan penderitaannya dengan penderitaan sendiri.

Walaupun berstatus ekonomi terbesar ketiga di dunia, Jepang telah menghadapi kekacauan ekonomi dan disparitas sosial selama tiga dekade (1990-an hingga 2010-an).

Mereka yang tumbuh besar di tahun-tahun itu banyak yang menjadi pekerja berupah rendah dan tak menikah. Yamagami salah satunya.



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x