Kompas TV regional budaya

Agenda Kesenian Kota Solo Bulan September: Festival Payung Indonesia dan SIPA 2022

Kompas.tv - 27 Agustus 2022, 05:05 WIB
agenda-kesenian-kota-solo-bulan-september-festival-payung-indonesia-dan-sipa-2022
Pada bulan September 2022, Kota Solo akan menggelar dua acara kesenian yaitu Festival Payung Indonesia dan Solo International Performing Arts (SIPA). (Sumber: pariwisatasolo.surakarta.go.id)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

SOLO, KOMPAS.TV - Pada bulan September 2022, Kota Solo bakal menggelar dua acara kesenian yaitu Festival Payung Indonesia (FESPIN) dan Solo International Performing Arts (SIPA) 2022.

Dua event besar tersebut merupakan acara tahunan Kota Solo yang rutin digelar tiap tahun. 

Pada tahun ini, FESPIN 2022 akan digelar pada 2-4 September di Pura Mangkunegaran, Solo. 

Sementara untuk SIPA 2022 bakal dilangsungkan di Benteng Vastenburg, Solo dari tanggal 8-10 September pada pukul 19.00 - 22.00 WIB.

Berikut informasi lengkap tentang penyelenggaraan Festival Payung Indonesia  serta SIPA 2022 di kota Solo. 

Baca Juga: Menakjubkan! 1.050 Seniman Desa Lakukan "Flashmob" Kesenian Kuda Lumping di Simpang Lima Semarang

Festival Payung Indonesia

Dilansir dari laman Pariwisata Solo, penyelenggaraan Festival Payung Indonesia (FESPIN) pada tanggal 2-4 September 2022 di Puro Mangkunegaran, Kota Solo, dengan tema The Kingdom and Umbrella ini, merupakan penyelenggaraan yang ke-9.

FESPIN yang berbasis pada partisipasi publik, terus berproses untuk tumbuh dan berbagi, berkomitmen untuk melestarikan payung tradisi Indonesia dan terus menumbuhkan kreativitas kolektif masyarakat.

FESPIN IX ini akan diikuti oleh 81 grup seni dan komunitas kreatif dari 50 kota/kabupaten di Indonesia dan peserta dari Thailand, India, dan Spanyol. 

Khusus peserta dari Sankhampaeng Cultural Centre, Thailand, hadir sebagai bentuk komitmen hubungan sister-festival antara FESPIN dengan Borsang Umbrella Festival (Chiang Mai) yang telah terjalin sejak 2018.

FESPIN saat ini telah menjadi ruang kultural tempat pertemuan beragam kelompok seni, seniman, budayawan, kreator, crafter, akademisi dan berbagai profesi lainnya. Ruang untuk bertemu dan berinteraksi bagi peserta – untuk saling berbagi ide, pengalaman, dan pengetahuan.

FESPIN yang tadinya telah menjadi ruang literasi nontekstual kini menjadi ruang literasi yang sebenarnya dengan lahirnya sebuah buku kumpulan esai Payung Tradisi Nusantara, dengan kata pengantar Prof Dr Peter Carey, sejarawan Indonesia.

Tahun ini, FESPIN terpilih sebagai salah satu 10 festival terbaik Indonesia dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf RI. 

Baca Juga: Pesta Kesenian Bali, Ajang Kenalkan Seni Dan Budaya Bali

Solo International Performing Arts (SIPA) 2022 

Solo International Performing Arts (SIPA) 2022 yang diadakan secara Hybrid Festival dengan Tema “Art as The Spirit of Life Changing" akan digelar ada tanggal  8, 9, 10 September 2022 pukul 19.00 – 22.00 WIB di Benteng Vastenburg Solo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x