Kompas TV regional berita daerah

Menko PMK Kaget Kemiskinan Ekstrem Masih Membayangi Kota Malang

Kompas.tv - 25 Agustus 2022, 18:39 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy meninjau RT 04 RW 13 Kelurahan Tanjungrejo, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Rabu (24/08/2022). 

Tinjauan dilakukan karena wilayah Tanjungrejo merupakan kawasan dengan angka kemiskinan ekstrem terbanyak di Kota Malang. 

"Iya ini saya juga kaget ternyata disini masih ada warga yang termasuk miskin ekstrem. Ada beberapa problem, salah satunya status tanah huniannya, karena sebagian besar mereka tinggal di bantaran sungai" kata Muhadjir. 

Di Kota Malang total ada 6 KK yang mengalami kemiskinan ekstrem. 4 KK berada di Kelurahan Tanjungrejo. 

"karena penghasilan di bawah 700 ribu, luas tanah yang dihuni kurang dari 21 meter persegi, beralaskan tanah dengan atap dan tembok yang tidak layak" jelas Lurah Tanjungrejo M. D. Ajis. 

Salah satu warga yang mengalami kemiskinan ekstrem, Mistiati, mengatakan bahwa Ia terpaksa tinggal di bantaran sungai dengan kondisi rumah tidak layak, karena kondisi ekonomi yang sulit. 

"Ya bagaimana lagi, tidak punya uang untuk beli rumah. Ini juga statusnya tanah pengairan" ceritanya. 

Menko PMK juga meminta Pemerintah Kota Malang melakukan perbaikan tempat hunian yang tidak layak pada Kemensos. Berdasarkan data, kemiskinan ekstrem nasional sebesar 4 persen, dari total penduduk yang miskin sebanyak 9.7 persen. 

#kemiskinanekstrem #menkopmk



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x