Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Zulhas Beber Kenapa Bansos Kemensos Bisa Jadi Penyebab Harga Telur Melonjak

Kompas.tv - 25 Agustus 2022, 17:30 WIB
zulhas-beber-kenapa-bansos-kemensos-bisa-jadi-penyebab-harga-telur-melonjak
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (25/8/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan atau Zulhas mengungkapkan kronologi pencairan bantuan sosial (bansos) turut memengaruhi kenaikan harga telur ayam di pasaran.

Menurut penjelasannya, lonjakan harga telur bisa terjadi karena anggaran bantuan sosial yang digelontorkan Kementerian Sosial ke pemerintah daerah yang harusnya diberikan 3 bulan digabung jadi satu kali.

"Nah daerah-daerah itu uangnya dibelanjakan dalam bentuk bantuan sembako, hanya waktu lima hari, salah satu isinya telur," kata Zulhas seusai bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kamis (25/8/2022) seperti dikutip dari Antara

Menurut Mendag, pencairan bantuan sosial yang dirapel per tiga bulan tersebut membuat jumlah uangnya cukup banyak serta meningkatkan permintaan, khususnya telur ayam.

Celakanya, daerah kata dia, hanya diberikan waktu 5 hari untuk membelanjakan uang itu yang membuat kurangnya suplai telur ayam di pasaran.

Kendati demikian Mendag menegaskan bahwa dia tidak berada dalam sikap menyalahkan Kementerian Sosial maupun Menteri Sosial Tri Rismaharini, perihal dampak bansos ini ke harga telur ayam.

"Memang bukan Ibu Risma, tapi Ibu Risma memberikan bantuan ke daerah-daerah itu,"jelasnya.

Mendag mengakui penjelasan itu didapatkannya dari hasil rapat dengan pengusaha petelur ayam di seluruh Indonesia sebelum bertemu Presiden Jokowi.

Baca Juga: Target Mendag Zulhas Normalkan Harga Telur: Paling Lambat Dua Minggu

Dari rapat tersebut, Zulhas juga mengaku sudah mendapat masukan dari pengusaha telur agar skema penyaluran bansos dibuat secara periodik agar produksi dapat mencukupi permintaan.

“Sarannya, bisa tidak bansos tiap bulan karena telur itu kan tidak bisa cepat. Jadi kalau bisa tiap bulan, sehingga ketika dibelanjakan tidak ada permintaan yang mendadak banyak,” jelasnya. 


Harga Telur Ditargetkan Kembali Normal dalam 2 Pekan ke Depan

Mendag Zulhas menargetkan harga telur akan normal dalam dua pekan ke depan.

Menurut penjelasannya, adapun langkah yang dilakukan untuk menurunkan harga telur yakni dengan upaya menstabilkan permintaan dan meningkatkan produksi.

"Mudah-mudahan paling lambat dua minggu sudah normal telur ayam. Walaupun itu juga nanti akan kita tambah ayam untuk petelur itu,” kata Zulhas seusai bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (25/8/2022). 

Menurut Mendag, saat ini rata-rata harga telur ini sebesar Rp31 ribu kilogram.

Ia ingin mampu menurunkan harga telur di titik keseimbangan agar tidak terlalu membebani konsumen dan tetap mampu memberikan keuntungan terhadap peternak.

“Telur ayam memang Rp31 ribu sekarang, tapi waktu saya duduk (dilantik menjadi Mendag) Rp32 ribu. Sekarang Rp31 ribu sempat turun sampai Rp26 ribu-Rp25 ribu. Memang harga sedang itu Rp27 ribu-Rp28ribu itu untung peternaknya. Harga Rp31 ribu kemahalan,” ujarnya. 

Baca Juga: Pemkot Surabaya Gelar Operasi Pasar untuk Stabilkan Harga Telur yang Capai Rp 30 Ribu per Kg



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x