Kompas TV regional berita daerah

TPA Terbakar, Api Sudah 5 Hari Belum Padam

Kompas.tv - 24 Agustus 2022, 17:09 WIB
Penulis : KompasTV Madiun

JEMBER, KOMPAS.TV - Tempat pembuangan ahir (TPA), di Jember, Jawa Timur, terbakar. Tumpukan sampah yang berongga dan mengandung gas, membuat api sulit dipadamkan. Api bahkan belum padam hingga hari kelima pasca munculnya titik api.

Kobaran api dan kepulan asap masih terjadi di sejumlah titik lokasi bagian timur tempat pembuangan akhir Pakusari, Kecamatan Pakusari, Jember, Jawa Timur, Selasa (23/8/2022) sore.

Upaya pemadaman dilakukan dengan mengerahkan lima unit mobil pemadam kebakaran di bantu dengan mesin pompa air setiap harinya.

Tekstur tumpukan sampah yang berongga dan adanya kandungan gas, membuat kemunculan api masih tetap terjadi meski berskala kecil, ditambah kondisi angin kencang dan cuaca panas.

Di lokasi kebakaran banyak ditemukan bahan mudah terbakar berupa plastik, kertas, kain dan potongan kayu.

Antisipasi meluasnya kebakaran, petugas bersama warga menggelar doa bersama dan salat istisqa, meminta hujan, yang diharapkan dapat membantu mempercepat pemadaman api.

Upaya pemadaman sendiri terus dilakukan baik penyemprotan dan juga penyekatan sampah dari kobaran api sehingga tidak menjalar ke lokasi lain dan juga pemukiman warga sekitar.

Diketahui, kebakaran awal terjadi pada lima hari lalu karena diduga puntung rokok serta cuaca ekstrem yang panas yang melahap kurang lebih seluas dua hektar dari luasan tempat pembuangan akhir sampah seluas 6,8 hektar.

#beritajember
#kebakaran
#tpaterbakar
#sijagomerah

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Opini

Arch of Augustus di Rimini

28 April 2024, 07:05 WIB
Close Ads x