Kompas TV nasional hukum

IPW Minta Polri Gelar Sidang Etik Ferdy Sambo secara Terbuka, Agar Pertanyaan Publik Terjawab

Kompas.tv - 24 Agustus 2022, 15:27 WIB
ipw-minta-polri-gelar-sidang-etik-ferdy-sambo-secara-terbuka-agar-pertanyaan-publik-terjawab
Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Mabes Polri untuk dapat menggelar sidang etik terhadap eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo secara terbuka.  (Sumber: Instagram divpropampolri)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia Police Watch (IPW) mendesak Mabes Polri untuk dapat menggelar sidang etik terhadap eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo secara terbuka. 

Pasalnya, menurut Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso, berdasarkan peraturan kepolisian yang ada, sidang etik secara terbuka tersebut memang dimungkinkan.

"Kita minta persidangannya terbuka. IPW meminta persidangan terbuka, karena itu dimungkinkan persidangan terbuka di Mabes Polri," kata Sugeng, dikutip Kompas.com, Rabu.

Menurut penjelasannya, hal tersebut juga penting dilakukan lantaran publik juga berhak untuk mengetahui perkembangan kasus yang menjerat Ferdy Sambo tersebut.

Terlebih, kata dia, muncul kecurigaan yang beredar di media sosial bahwa tersangka Irjen Ferdy Sambo tidak ditahan

"Publik saat ini ada kecurigaan bahwa saat ini tersangka tidak ditahan segala macam di medsos. Dengan persidangan terbuka maka pertanyaan publik jadi bisa terjawab," ujarnya.

Lebih lanjut, Sugeng menyatakan hal tersebut juga merupakan hak yang sudah dijamin konstitusi.

Dalam kesempatan itu, Ketua IPW ini juga menyinggung terkait pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta Polri secara transparan menangani kasus tersebut.

Baca Juga: Kapolri Jelaskan Hal yang Tidak Sesuai antara Olah TKP di Rumah Ferdy Sambo dan Prarekonstruksi



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x