Kompas TV nasional hukum

Di DPR, Kapolri Sebut Brigjen Hendra Minta Keluarga Tak Rekam Jenazah Brigadir J karena Alasan Aib

Kompas.tv - 24 Agustus 2022, 14:40 WIB
di-dpr-kapolri-sebut-brigjen-hendra-minta-keluarga-tak-rekam-jenazah-brigadir-j-karena-alasan-aib
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo saat menjelaskan perkembangan kasus pembunuhan Brigadri J di Mabes Polri, Selasa (9/8/2022). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengungkapkan peran bekas Karo Paminal Divisi Propam Polri Brigjen Hendra Kurniawan dalam kasus kematian Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit menjelaskan, setelah persitiwa penembakan, Brigjen Hendra mendatangi rumah keluarga Brigadir J di Jambi untuk proses penyerahan jenazah.

Baca Juga: Trimedya Curiga Muncul Konsorsium 303 di Tengah Kasus Ferdy Sambo: Khas Cara-Cara Penegak Hukum

Waktu itu, kata Kapolri, Brigjen Hendra datang pada malam hari. Brigjen Henra kemudian meminta pihak keluarga untuk tidak merekam kedatangan peti jenazah Brigadir J.

Tak hanya itu, lanjut Kapolri, pihak keluarga korban juga tidak diperbolehkan merekam ataupun memotret jenazah Brigadir J.

"Malam harinya, datang personel dari Divisi Propam Polri yang berpangkat Pati atas nama Brigjen Pol Hendra Kurniawan atau Karo Paminal," kata dalam rapat kerja bersama Komisi III DPR, Rabu (24/8/2022) yang dipantau dari program Breaking News di Kompas TV.

"(Brigjen Hendra) menjelaskan dan meminta (keluarga) pada saat itu untuk tidak direkam dengan alasan terkait dengan masalah aib."

Baca Juga: Susno Duadji Mengaku Diteror karena Analisa Kasus Ferdy Sambo: Ini Menyangkut Nyawa, Saya Tak Takut

Selanjutnya, Kapolri menuturkan, Brigjen Hendra menjelaskan soal luka tembak di beberapa bagian tubuh Brigadir J kepada pihak keluarga.

“Keluarga mendapatkan penjelasan lebih detail, sehingga jumlah tembakan dan posisi tembak-menembak serta luka-luka yang ada di tubuh jenazah," tutur Listyo.

Namun, ungkap Kapolri, pihak keluarga Brigadir J tidak serta merta percaya begitu saja terkait dengan penjelasan yang disampaikan personel Divisi Propam tersebut.

Menurut Kapolri, pihak keluarga Brigadir J menanyakan terkait keberadaan CCTV yang ada di lokasi kejadian atau rumah dinas Irjen Ferdy Sambo.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x