Kompas TV nasional peristiwa

Profil Hermanto Dardak, Ayah Emil Dardak yang Meninggal karena Kecelakaan, Dulunya Wamen PUPR

Kompas.tv - 20 Agustus 2022, 11:52 WIB
profil-hermanto-dardak-ayah-emil-dardak-yang-meninggal-karena-kecelakaan-dulunya-wamen-pupr
Hermanto Dardak (kiri) saat masih menjabat sebagai Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) terlihat bersama Joko Widodo. (Sumber: Tribunnews/Herudin)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kabar duka datang dari ayah Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Emil Dardak, Hermanto Dardak, yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas, Sabtu (20/8/2022).

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Jawa Timur Adhi Karyono membenarkan kabar wafatnya Hermanto Dardak. Adhi mengatakan bahwa kecelakaan tersebut terjadi di Pekalongan, Jawa Tengah.

Baca Juga: Ayah Emil Dardak Wafat, Sekprov Jatim: Rencananya Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata

“Betul, saya dikabari langsung dari Pak Wagub bahwa ayahanda beliau meninggal dalam suatu kecelakaan di Pekalongan,” jelasnya melalui pesan WhatsApp kepada KOMPAS TV, Sabtu.

Adhi mengatakan bahwa Hermanto Dardak akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Utama Kalibata Jakarta.

Profil Hermanto Dardak

Pemilik nama asli Achmad Hermanto Dardak adalah seorang insinyur, dosen, serta teknokrat yang pernah menjabat sebagai Wakil Menteri (Wamen) Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Indonesia periode 2010-2014.

Putra Trenggalek, Jawa Timur yang lahir pada 6 Januari 1957 ini mengawali kariernya sebagai Kepala Biro Perencanaan Pekerjaan Umum.

Hermanto Dardak juga sempat menjabat sebagai Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia periode 2015-2018 dan Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah periode 2014-2016.

Kiprah Hermanto Dardak sebagai insinyur cukup banyak. Dia juga merupakan sosok yang mumpuni sebagai seorang insinyur.

Baca Juga: Rapat Bersama BNPB, Wagub Jatim Emil Dardak Janjikan Kepastian Relokasi Warga Semeru dalam 1 Minggu

Terbukti, pada tahun 2014, dia meraih penghargaan dari International Road Federation (IRF) di bidang pembangunan jalan (road sector), sebagai "Professional of The Year".

Penghargaan tersebut disebut sebagai penghargaan paling bergengsi di dunia di bidang pembangunan jalan.

Hal ini didukung dengan latar belakang pendidikan ayah Emil Dardak yang cukup mentereng. Dia merupakan lulusan Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1980.

Selepas dari ITB, dia melanjutkan pendidikan ke Universitas New South Wales, Australia dan mendapatkan gelar sebagai Master Teknik Sipil pada tahun 1985.

Tak hanya itu, Hermanto Dardak lantas melanjutkan studi di kampus yang sama dan meraih gelar Doktor Transport Economy pada 1990.

Selesai menjabat sebagai Wamen PUPR, Hermanto Dardak dianugerahi Bintang Mahaputera Utama oleh Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Tanda kehormatan ini diberikan karena Hermanto Dardak dinilai merupakan salah satu tokoh yang memberikan jasa dan baktinya kepada negara.

Baca Juga: Kunjungan Emil Dardak ke Gudang Lazada sebagai Bentuk Dukungan terhadap Ekosistem Digital Jawa Timur

Hermanto Dardak menikah dengan perempuan bernama Sri Widayanti dan dikaruniai empat orang anak, salah satunya Emil Dardak yang kini menjabat sebagai Wagub Jawa Timur.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x