Kompas TV regional berita daerah

Presiden Bahas Pertalite, Sinyal Harga Akan Naik ?

Kompas.tv - 18 Agustus 2022, 15:20 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KOMPAS.TV - Beredar kabar bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite akan mengalami kenaikan. Sinyal terkait hal tersebut sempat dilontarkan oleh Presiden Joko Widodo atau yang akrab dipanggil Presiden Jokowi, saat memberikan sambutan dalam Silaturahmi Nasional (Silatnas) dan Ulang Tahun ke-19 Persatuan Purnawirawan TNI Angkatan Darat (PPAD) di Sentul Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Jumat (5/8/2022).

Hingga saat ini, Pertalite merupakan BBM yang masih disubsidi oleh pemerintah. Presiden menjelaskan, harga murni bensin pertalite adalah Rp17.100 per liter, yang dinikmati masyarakat saat ini di angka Rp 7.650 per liter adalah berkat subsidi pemerintah. Menurutnya, pemerintah sudah mengeluarkan anggaran subsidi yang tidak kecil, yaitu sekitar Rp 502 triliun dan tidak ada negara lain yang berani memberikan subsidi sebesar yang dilakukan oleh Indonesia.

"Di negara kita, coba bayangkan kalau pertalite naik dari Rp 7.650 harga sekarang ini, kemudian naik jadi harga yang benar adalah Rp 17.100, demonya mau berapa bulan? Naik 10 persen saja dulu saya ingat demonya tiga bulan," tutur Presiden Jokowi.

Hal tersebut disampaikan Presiden Jokowi saat menceritakan kondisi ekonomi beberapa negara, termasuk kenaikan harga minyak imbas lonjakan inflasi.

#bbm #pertalite #jokowidodo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x