Kompas TV olahraga kompas sport

Menpora: Pemerintah Siap Gelar Piala Dunia U20 2023 Indonesia

Kompas.tv - 17 Agustus 2022, 21:43 WIB
menpora-pemerintah-siap-gelar-piala-dunia-u20-2023-indonesia
Logo resmi Piala Dunia U20 2023 Indonesia. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan pemerintah sudah siap untuk menggelar Piala Dunia U20 2023.

Hal tersebut dikatakan Menpora Amali dalam program Sapa Indonesia Malam di Kompas TV, Rabu (17/8/2022). 

Saat ditanya apakah pemerintah siap menyelenggarakan Piala Dunia U20, Zainudin Amali menjawab: "Sejak 2021 pemerintah sudah siap."

"Kan tadinya diselenggarakan tahun 2021, tapi karena pandemi, FIFA memundurkan ke 2023."

Dia juga mengatakan bahwa pemerintah selalu mendukung program yang dijalankan Timnas U20 dalam rangka mempersiapkan diri untuk tampil di ajang kelas dunia itu. 

"Bahkan timnas yang kita persiapkan, kalau masih ingat, ada yang kita TC-kan di Kroasia dan di beberapa tempat. Sayangnya mereka sudah tidak turun karena usianya sudah lewat ya," lanjutnya. 

"Namun demikian, tetap pemerintah memberikan support kepada PSSI karena yang akan bertanggung jawab terhadap prestasi atlet, penyelenggaraan adalah saya, maka kita dukung penuh."

Baca Juga: Di Momen Hari Kemerdekaan RI, Menpora Optimistis dengan Prestasi Olahraga Indonesia di Masa Depan

"Latihannya mau ke mana, mau tryout kemana, pelatihnya siapa, itu semua kita support. Jadi kita siapkan betul."

"Kita tidak mau hanya lolos karena sebagai tuan rumah tetapi begitu di babak penyisihan kita tidak bisa berbicara banyak," ujarnya. 

Dia pun berharap, Indonesia bisa meraih kesuksesan di ajang tersebut, tidak hanya sebagai tuan rumah melainkan juga ada prestasi yang ditorehkan di Piala Dunia U20 2023.

"Itu yang akan kita persiapkan betul karena kita akan bertemu dengan tim-tim besar dari negara yang tradisi sepak bolanya sangat luar biasa, semisal dari Eropa atau Amerika Latin, itu kan tim-tim yang luar biasa sepak bolanya," jelasnya. 

"Mereka akan main, akan datang ke Indonesia, 23 negara. Insyaallah kita bisa menjadi tuan rumah yang baik dan mudah-mudahan Timnas U20 juga bisa memperlihatkan prestasi yang baik," pungkas Menpora Amali. 

FIFA dan PSSI sendiri juga baru saja meluncurkan logo resmi Piala Dunia U20 2023 yang akan digunakan saat penyelenggaraan pada 20 Mei hingga 11 Juni tahun depan.

Logo tersebut dirilis bertepatan dengan HUT ke-77 RI yang jatuh pada hari ini, Rabu (17/8) 2022).

Baca Juga: Bertepatan dengan HUT ke-77 RI, FIFA Rilis Logo Resmi Piala Dunia U20 2023 Indonesia



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x