Kompas TV nasional peristiwa

HUT ke-77 RI, Luhut: Kita Bangsa Hebat, Bisa Atasi Masalahnya Sendiri

Kompas.tv - 17 Agustus 2022, 17:12 WIB
hut-ke-77-ri-luhut-kita-bangsa-hebat-bisa-atasi-masalahnya-sendiri
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut Indonesia merupakan bangsa yang hebat dan dapat mengatasi masalahnya sendiri.  (Sumber: Instagram @luhut.pandjaitan)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menyambut HUT ke-77 RI dengan memuji keberhasilan tanah air dalam menghadapi pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir ini.

Keberhasilan tersebut, menurutnya menunjukkan bahwa Indonesia merupakan bangsa yang hebat dan dapat mengatasi masalahnya sendiri.

Pernyataan Luhut disampaikan melalui video yang diunggah di akun Instagram pribadinya, Rabu (17/8/2022). 

"Pandemi selama dua tahun bisa kita lalui dengan baik, dan saya kira berkat kerja sama kita semua, kita juga menunjukkan sebagai bangsa yang hebat, dan bisa mengatasi masalahnya sendiri. Saya pikir, hal ini patut kita syukuri dalam menyambut 17 Agustus kali ini," kata Luhut.

Dia  menuturkan pandemi Covid-19 ini menjadi momentum untuk melakukan lompatan -lompatan banyak hal, seperti termasuk reformasi di bidang kesehatan sehingga bisa menghasilkan produk-produk teknologi kesehatan dalam negeri.

"Oleh karena itu saya berharap kita semua, mari satu padu, membangun ekonomi kita yang sekarang juga di tengah-tengah tempaan ekonomi dunia, tapi kita masih menjadi salah satu ekonomi yang cukup bagus," ujarnya.

Selain itu, Luhut juga menilai Indonesia telah berhasil melalui masa-masa kritis pandemi Covid-19 seperti saat gelombang varian Delta tahun lalu. Saat itu jumlah kasus positif maupun kematian di dalam negeri maupun dunia menembus rekor tertinggi.

Baca Juga: Saat Farel Prayoga Nyanyi "Ojo Dibandingke", Reza Rahadian Ajak Sri Mulyani Joget, Awalnya Malu-Malu

Meski telah berhasil menaham penyebaran varian Delta yang sangat menular, Koordinator PPKM Jawa Bali itu mengimbau masyarakat tetap waspada, agar ekonomi dapat terus berjalan dengan baik.

"Mari kita bersama-sama memadukan tekad kita untuk tetap disiplin menghadapi Covid-19 yang belum tentu kapan berakhirnya," tegasnya.

Sementara pada sisi ekonomi, dia meminta agar tidak ada lagi pihak yang memberikan berita tidak benar dan bohong kepada masyarakat.

"Pemerintah akan memberikan data yang benar dan kalau ada sinyal-sinyal kurang baik terhadap ekonomi kita," ucap Luhut. 

Luhut juga menegaskan, di hari ulang tahun ke-77 ini, Indonesia sudah berada di jalan yang benar untuk bisa jadi negara maju.

Meski begitu, Mantan Satgas Tempur Kopassus itu mengingatkan tantangan dan ujian akan terus ada. Sehingga dia berharap semangat dan solidaritas sebagai bangsa Indonesia yang merdeka harus terus menggelora.

"Sekali merdeka tetap merdeka! Mari kita menjadi bangsa yang betul-betul tahan uji dalam keadaan apapun. Dirgahayu Republik Indonesia ke-77, Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, Untuk Indonesia Lebih Maju, Merdeka!," kata Luhut.

Baca Juga: HUT ke-77 RI, Anies: Tanggung Jawab Kita adalah Membalas Budi pada Negara



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x