Kompas TV nasional politik

Politikus PDIP Minta Anies Selesaikan Pembangunan Turap Kali Angke

Kompas.tv - 16 Agustus 2022, 16:39 WIB
politikus-pdip-minta-anies-selesaikan-pembangunan-turap-kali-angke
Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta merencanakan pembangunan turap di Kali Angke, tepatnya di RT07/RW01, Kelurahan Kembangan Utara, Jakarta Barat. 

Dalam pembangunan turap tersebut, pemenang lelang proyek sudah ada, namun hingga saat ini turap tersebut belum juga dikerjakan.

Menanggapi hal itu, Anggota Komisi D DPRD DKI Jakarta Hardiyanto Kenneth mengatakan, turap tersebut belum dikerjakan karena terkendala pembebasan lahan yang belum diselesaikan.

Baca Juga: Ketika Anies Cerita Warga Jepang Nyaman Gunakan Angkutan Umum di Jakarta: Unik dan Rasa Syukur

Politikus PDIP itu meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk segera membereskan masalah tersebut. 

"Proyek turap tersebut saat ini memang sudah ada pemenang lelangnya, tapi bagaimana proses pembebasan lahannya? Apa permasalahan tersebut sudah selesai," kata Kenneth dalam keterangannya yang diterima Kompas TV,  Selasa (16/8/2022).

Dalam proses pembebasan lahan, ia meminta kepada Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta agar melibatkan Kejaksaan dan pengadilan untuk bisa dilakukan proses konsinyasi kepada ahli waris agar bisa mencapai kesepakatan.

"Kalau memang takut soal pembebasan lahan, Dinas SDA bisa koordinasi dengan kejaksaan dan pengadilan untuk dilakukan konsinyasi kepada ahli waris lahan, jika memang tidak ada kesepakatan dengan jumlah ganti rugi yang ditawarkan. Belakangan ini banyak sekali terjadi permasalahan terkait perkara tanah di DKI Jakarta karena terkait mal adminstrasi," ujarnya. 

Ia mengimbau Dinas SDA DKI Jakarta agar mempunyai progres yang cepat untuk pembangunan turap agar masyarakat Kembangan Utara tidak lagi merasakan banjir ketika Kali Angke meluap akibat air kiriman.

Baca Juga: Anies Teken Kepgub Besaran Tarif Integrasi Angkutan Umum, Ini Rinciannya



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x