Kompas TV feature news or hoax

Hoax Rebusan Genjer Sawah Obati Gula Darah - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 16 Agustus 2022, 14:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar informasi mengenai resep ramuan untuk menurunkan kadar gula darah bagi orang yang sakit diabetes. Ramuan ini terbuat dari air rebusan genjer sawah yang diklaim mampu menurunkan kadar gula darah secara drastis.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Profesor Doktor Ari Fahrial Syam SPPD menyatakan klaim yang menyebutkan air rebusan genjer sawah dapat menurunkan kadar gula darah penderita diabetes adalah tidak benar atau hoaks.

Menurut Ari, informasi semacam itu dapat membahayakan khususnya bagi penderita non-insulin dependent diabetes melitus atau diabetes tipe 2 “mesti hati-hati menerima info seperti ini khususnya yang penderita niddm” ujar Ari.

Adapun dibetes melitus tipe 2 merupakan gangguan dalam cara tubuh mengatur dan menggunakan gula atau glukosa sebagai bahan bakar. kondisi kronis ini menyebabkan terlalu banyak gula yang beredar di aliran darah.

Menurut sejumlah ahli medis saat ini belum ada obat untuk sembuh total dari diabetes tipe 2. Pasien dapat mengontrol penyakit dengan cara menurunkan berat badan makan dengan baik dan berolahraga.

Jadi, informasi yang menyatakan rebusan genjer sawah menurunkan kadar gula darah bagi orang yang sakit diabetes adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x