Kompas TV advertorial

Mengintip Usaha Catenzo yang #NaikKeLaz Berkat Marketplace

Kompas.tv - 15 Agustus 2022, 10:29 WIB
mengintip-usaha-catenzo-yang-naikkelaz-berkat-marketplace
Pak Utang Jujur dari Catenzo menjelaskan alasan mengembangkan bisnisnya di marketplace. (Sumber: Dok. Berani Usaha)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Pesatnya digitalisasi memungkinan siapa saja membuka usaha dan melakukan transaksi jual beli secara online. Seiring meningkatnya kebutuhan manusia, meningkat pula kompetitor usaha di segala bidang.

Marketplace merupakan salah satu solusi untuk para pelaku bisnis yang ingin memajukan usahanya secara praktis dan efektif. Salah satu brand lokal dari Cibaduyut, Jawa Barat, yaitu Catenzo, telah membuktikan sendiri manfaat berjualan di marketplace.

Bapak Utang Jujur selaku pemilik Catenzo membagikan pengalamannya kepada tim Berani Usaha Kompas TV. Setelah bergabung di marketplace Lazada, penjualan Catenzo meningkat pesat bahkan mencapai omzet miliaran rupiah.


Catenzo sendiri berasal dari bahasa Sunda yang berarti ‘kelihatan’. Pemilihan nama Catenzo diharapkan dapat membuat usahanya terus terlihat, eksis, dan berkembang. Produk yang dijual Catenzo sangat beragam, mulai dari tas, sepatu, hingga produk untuk semua kalangan usia.

Meskipun sudah berbisnis sejak 2007, Pak Utang baru berani terjun ke dunia marketplace setelah melihat peluang dari usaha online zaman sekarang.

Terlebih dengan kehadiran marketplace yang menawarkan akses dan kemudahan bagi brand dan penjual lokal Indonesia, termasuk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), untuk memperkenalkan produk dan brand-nya, memperluas pasar, dan bertumbuh secara berkelanjutan.

Pak Utang meyakini bergabungnya Catenzo ke marketplace Lazada pada 2018 menjadii awal mula usahanya #NaikKeLaz. Lazada juga merupakan marketplace pertama tempat Catenzo berjualan secara online.

Tim Catenzo turut menjelaskan mengapa mereka mempercayakan usaha mereka di Lazada, dan bagaimana bantuan dari Lazada mengembangkan bisnisnya.

Membantu mencari konsumen dan marketing usaha

Prinsip bisnis yang diterapkan Catenzo adalah costumer focus sehingga produk yang dihasilkan merupakan keinginan para pelanggan dan konsumen. Karena itu, penting bagi Catenzo untuk mencari lebih banyak konsumen dan preferensi dari pelanggan mereka.

Baca Juga: Lazada Berikan Tips Sukses UMKM #NaikKeLaz di Era Digital

Menurut Pak Utang, proses pencarian dan preferensi konsumen bisa dilakukan dengan sangat mudah di Lazada. Pasalnya, pengguna Lazada tergolong tinggi dan tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Terlebih lagi program promosi Lazada membantu Catenzo bertemu pelanggan baru yang tidak bisa ditemui secara langsung di kehidupan nyata.

Pemasaran ke seluruh Indonesia dan omzet 1 miliar rupiah

Sebagai sebuah usaha yang hanya terletak di satu titik, mulanya Catenzo merasa produknya hanya dikenal di daerahnya. Setelah bergabung di marketplace Lazada, Pak Utang merasakan produk Catenzo kini tersebar di seluruh Indonesia.

Hal ini berdampak langsung pada peningkatan penjualan dan penghasilan Catenzo. Bahkan, Catenzo bisa menembus omzet hampir 1 milliar rupiah selama satu bulan penjualan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x