Kompas TV olahraga kompas sport

Garuda Asia Jadi Juara Piala AFF 2022, PSSI Rencana Kirim Timnas U16 Indonesia TC di Luar Negeri

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 18:44 WIB
garuda-asia-jadi-juara-piala-aff-2022-pssi-rencana-kirim-timnas-u16-indonesia-tc-di-luar-negeri
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan pernyataan kepada pewarta usai pertandingan pamungkas Grup A Piala AFF U-16 2022 Indonesia melawan Vietnam di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022). (Sumber: Antara/Michael Siahaan)

Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - PSSI pertimbangkan pemusatan latihan (TC) Timnas U16 Indonesia ke luar negeri.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule, usai Indonesia mengalahkan Vietnam di final Piala AFF U16 2022, Jumat (12/8/2022).

"Kami akan berdiskusi di internal federasi, kalau di luar negeri, yang jelas nanti lokasinya di negara yang sepak bolanya maju seperti Spanyol, Portugal, Belanda atau yang lainnya," ujar Iwan Bule.

Ia menyebut, pilihan TC di luar Indonesia akan masuk dalam road map Timnas U16 yang juga akan dipersiapkan untuk SEA Games 2025 hingga 2027.

Agar rencana itu berjalan lancar, PSSI berjanji untuk berkoordinasi dengan pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Baca Juga: Soal Kans Bima Sakti Gantikan Shin Tae-yong di Timnas U19, Ini Kata Ketum PSSI

"Saya menyampaikan itu kepada Menpora (Zainudin Amali -red) dan beliau sangat mendukung. Namun, mungkin Timnas akan dimatangkan dulu di dalam negeri," tutur Iriawan.


Selanjutnya, Timnas U16 Indonesia akan mengikuti Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 yang akan digelar pada 1-9 Oktober 2022 mendatang.

Indonesia masuk Grup B Kualifikasi Piala Asia U-17 2023 bersama Guam, Palestina, Uni Emirat Arab, dan Malaysia.

Sementara itu, pelatih timnas U-16 Indonesia Bima Sakti tidak mempersoalkan lokasi pemusatan latihan skuad Garuda Asia.

"Harapannya, kami akan buat program, kami akan TC lagi, di mana aja kami jalani, mau di dalam negeri, di luar negeri, alhamdulillah karena sehabis ini ada turnamen-turnamen di luar." 

"Pada tahun 2019 kami diundang sama Myanmar, sama Qatar. Kami harapkan bisa uji coba di luar. Sebab, nanti lawan kita bisa UEA, Palestina, dan Guam," imbuhnya.

Baca Juga: Pelatih Timnas U16 Vietnam Puji Aksi Skuad Garuda Asia ketika Anak Asuhnya Naik Podium

 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x