Kompas TV internasional kompas dunia

Terekam Kamera, Detik-Detik Kecelakaan Pesawat di Jalan Tol Amerika Sampai Terbakar

Kompas.tv - 11 Agustus 2022, 08:23 WIB
terekam-kamera-detik-detik-kecelakaan-pesawat-di-jalan-tol-amerika-sampai-terbakar
Sebuah pesawat bermesin tunggal terbakar setelah mendarat darurat di jalan tol dekat Los Angeles, Amerika Serikat, pada Rabu (10/8/2022) siang. (Sumber: Twitter Corona Fire Departemen)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Iman Firdaus

LOS ANGELES, KOMPAS.TV - Sebuah pesawat bermesin tunggal terlibat kecelakaan setelah melakukan pendaratan darurat di jalan tol dekat Los Angeles, Amerika Serikat (AS) Rabu (10/8/2022) siang waktu setempat.

Diwartakan stasiun televisi KTLA, pesawat yang mengangkut seorang pilot dan satu penumpang itu terbakar selepas menabrak truk yang tengah melintas di jalan tol.

Menurut Departemen Pemadam Kebakaran Corona, yang segera tiba di tempat kejadian, pesawat meledak setelah menghantam truk dan terbakar sekitar pukul 12.30 siang.

Rekaman video yang dibagikan oleh departemen menunjukkan petugas pemadam kebakaran dengan cepat memadamkan api. 

Sementara itu, rekaman kamera dashcam mobil yang diunggah KTLA melalui kanal Youtube menangkap momen, ketika pesawat kecil itu meliuk-liuk di antara mobil untuk mendarat darurat.


Administrasi Penerbangan Federal melaporkan tidak ada korban jiwa dalam tragedi ini.

Pilot pesawat, Andrew Cho, mengeklaim pelatihan yang pernah ia ambil menyelamatkan dirinya sehingga mendarat dengan selamat, kendati pesawatnya rusak parah.

"Rasanya seperti benturan keras, sulit untuk dijelaskan," kata Cho.

"Kami berada empat hingga lima kaki di udara, ketika mesin pesawat mati total dan jatuh ke tanah. Latihan Anda dimulai, dan Anda melakukan hal yang benar. Selama Anda tidak panik, Anda mendapatkan hasil terbaik," imbuhnya.

Baca Juga: China Bakal Operasikan Taksi Tanpa Sopir di Dua Kota, Sudah Ada Izin Skala Besar

Pesawat Piper Cherokee PA-32, bermesin tunggal, memiliki "masalah mesin" yang belum teridentifikasi ketika lepas landas menuju Bandara Kota Corona, menurut Badan Penerbangan AS.

"Pilot mengklaim telah mengalami kegagalan mesin pada penurunan terakhir mereka ke Bandara Kota Corona," kata Kapten Patroli Jalan Raya California, Levi Miller.

"Sangat beruntung hari ini karena lalu lintasnya sepi, dan pilot tampaknya telah melakukan navigasi pendaratan yang baik untuk menghindari apa yang bisa menjadi tragedi sangat buruk," imbuh Miller.

Kecelakaan itu menyebabkan kemacetan lalu lintas di Jalan tol Km 91, yang mengular beberapa mil selama beberapa jam, karena petugas polisi memblokir semua jalur utama.

Baca Juga: Data Center Google di AS Meledak, Tiga Petugas Terluka

 



Sumber : KTLA


BERITA LAINNYA



Close Ads x