Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jembatan Gantung Kaca Bromo Selesai Desember, Bisa untuk Liburan Akhir Tahun, Nih!

Kompas.tv - 10 Agustus 2022, 16:46 WIB
jembatan-gantung-kaca-bromo-selesai-desember-bisa-untuk-liburan-akhir-tahun-nih
Jembatan gantung kaca di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru, Jawa Timur. (Sumber: Kementerian PUPR)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan, jembatan kaca di kawasan wisata Bromo akan selesai dibangun pada Desember 2022. Sehingga, masyarakat sudah bisa menikmatinya saat liburan tahun baru.

"Kementerian PUPR tengah membangun Jembatan Gantung Kaca untuk meningkatkan daya tarik pariwisata di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Bromo-Tengger-Semeru, Jawa Timur yang ditargetkan selesai Desember 2022," demikian pengumuman di akun Instagram resmi Kementerian PUPR, Rabu (10/8/2022).

Jembatan kaca di kawasan Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ini membentang di atas jurang dengan kedalaman sekitar 80 meter. Jembatan tersebut memiliki panjang 120 meter dan lebar 1,8 meter.

Sebelum dipasang, sudah diuji laboratorium di Balai Geoteknik, Terowongan, dan Struktur Kementerian PUPR.

Baca Juga: Saat Luhut Minta Utang China Jangan Sampai Mubazir hingga Sebut Utang RI Terkecil di Dunia

Saat jembatan sudah jadi, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar sambil berwisata adrenalin. Karena, meskipun sedang menapak jembatan, pengunjung bisa melihat langsung ke jurang yang dalam.


 

Namun untuk menjaga keamanan dan keselamatan wisatawan, waktu menyeberang dibatasi hanya sampai 60 menit. Begitu juga dengan jumlah orang yang menyeberang.

"Berpotensi menjadi destinasi wisata adrenalin, jembatan ini ditargetkan dapat menampung 100 orang per sekali masuk. Rencananya setiap sesi kunjungan akan diberikan waktu 30-60 menit," tulis Kementerian PUPR.

Baca Juga: Tiket Masuk Pulau Komodo Rp3,75 Juta Berlaku 1 Januari 2023, Sekarang Masih Tarif Lama

Pengunjung yang berwisata di jembatan ini juga dapat sekaligus berwisata ekosistem di area konservasi yang dikelola Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Misalnya menikmati pemandangan Gunung Batok, Gunung Bromo, dan Gunung Semeru, serta suasana malam yang akan dilengkapi pencahayaan jembatan.

 



Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x