Kompas TV nasional hukum

Mahfud MD Sebut Kemenko Polhukam akan Terus Kawal Kasus Brigadir J: Kejaksaan Harus Profesional

Kompas.tv - 9 Agustus 2022, 22:15 WIB
mahfud-md-sebut-kemenko-polhukam-akan-terus-kawal-kasus-brigadir-j-kejaksaan-harus-profesional
Menteri Koordinator Politik Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menko Polhukam) Mahfud MD memberi keterangan terkait penanganan kasus Brigadir J di gedung Kemenko Polhukam, Selasa (9/8/2022). (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, pemerintah akan terus mengawal kasus Brigadir J atau kasus penembakan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat hingga ke pengadilan dan meminta agar kejaksaan bekerja secara profesional.

"Pemerintah melalui Kemenko Polhukam akan terus mengawal kasus ini hingga nanti oleh kejaksaan dikonstruksikan lagi hukumnya sampai P21 (hasil penyidikan sudah lengkap -red)," kata Mahfud MD dalam konferensi pers di Gedung Kemenko Polhukam, Selasa (9/8/2022) malam.

Ia juga berharap agar penyidikan kasus polisi tembak polisi yang menewaskan Brigadir J itu dapat segera diproses ke pengadilan.

"Mudah-mudahan tidak terlalu lama dan dibawa ke pengadilan, dengan pendakwaan dan penuntutan yang sungguh-sungguh," tuturnya. 

Ketua Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) itu juga mengatakan, pihaknya akan mengawasi Kejaksaan agar mempunyai semangat yang sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dalam menegakkan hukum dan keadilan.

"Kita semua akan mengawasi Kejaksaan sekarang dan mendorong agar punya semangat yang sama dengan Polri," kata Mahfud.

"Kejaksaan harus benar-benar profesional menangani dengan konstruksi hukum yang kuat, agar mudah nanti bagi pengadilan dan masyarakat memahami kasus ini sebagai upaya penegakan hukum dan keadilan," imbuhnya.


Baca Juga: Mahfud MD Yakin Kasus Brigadir J Segera Tuntas di Polisi: Asal Kita Kawal dari Ranjau Geng Pelaku

Mahfud juga meminta keluarga Brigadir J untuk bersabar dan mempercayai lembaga-lembaga penegak hukum.

"Kepada keluarga korban almarhum Brigadir Yoshua, saya mohon agar tetap bersabar dan terus memberi kepercayaan kepada lembaga-lembaga penegak hukum kita, yaitu Polri, Kejaksaan, dan pengadilan," ungkap Mahfud.

Ia mengaku selalu mendengar pernyataan keluarga Brigadir J, terutama ayah Brigadir J, Samuel Hutabarat.

"Saya selalu mendengar pernyataan keluarga korban, terutama ayahnya yang begitu penuh harap atas keberkahan dari Tuhan agar kasus ini bisa dibuka dan diselesaikan dengan adil," pungkasnya.

Baca Juga: Keluarga Bharada E Hanya Bisa Berdoa, Tuhan Akan Buka Kebenaran di Kasus Pembunuhan Brigadir J

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x