Kompas TV nasional hukum

Mahfud MD Yakin Kasus Brigadir J Segera Tuntas di Polisi: Asal Kita Kawal dari Ranjau Geng Pelaku

Kompas.tv - 9 Agustus 2022, 08:52 WIB
mahfud-md-yakin-kasus-brigadir-j-segera-tuntas-di-polisi-asal-kita-kawal-dari-ranjau-geng-pelaku
Menko Polhukam Mahfud MD meyakini kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J akan segera tuntas di tingkat kepolisian.  (Sumber: Kemenko Polhukam )
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD meyakini kasus pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yoshua Hutabarat atau Brigadir J akan segera tuntas di tingkat kepolisian. 

Pernyataan ini disampaikan Mahfud melalui cuitan di akun Twitter milinya @mohmahfudmd, Selasa (9/8/2022). 

"Konstruksi hukum pembunuhan Brigadir J akan tuntas di tingkat polisi (insyaallah)," tulis Mahfud.

Menurutnya, kepercayaan tinggi terhadap kinerja institusi kepolisian ini tidak terlepas dari kemampuan dalam melakukan penyelidikan dan penyidikan. 

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi ini kemudian menyinggung terkait keberhasilan Polri dalam menguak kasus pembunuhan berantai di tahun 2008 yang dilakukan Very Idham Henyansyah alias Ryan, pria dari Jombang, Jawa Timur. Kasusnya mulai terungkap setelah penemuan mayat termutilasi di Jakarta.

"Sdh lama sy pny impresi POLRI kita hebat dlm penyelidikan dan penyidikan. Kasus mutilasi yang mayatnya sdh terserak di berbagai kota sj bisa dibongkar. Ingat kasus Ryan?" ujarnya.


 

Tak hanya itu, Mahfud juga juga mengungkit keberhasilan polisi dalam menangkapkan pelaku pengeroyokan terhadap Ketua Umum DPP Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Haris Pertama.

"Ketika Ketua KNPI Haris Pertama dikeroyok orng di gang sempit yang diperkirakan takkan ada yang tahu, sy langsung kontak Kapolda Fadil, sy bilang, “POLRI punya semua alat dan keahlian utk menemukan mereka. Cari”," ujarnya.

Baca Juga: Hari Ini, Kapolri Listyo Sigit akan Umumkan Tersangka Baru Pembunuhan Brigadir J

Setelah Fadil menyatakan siap, lanjut dia, para pengeroyok sudah ditangkap dalam waktu yang kurang dari 24 jam.

Dengan demikian, Polri telah menunjukkan kapabilitas dalam mengungkap berbagai kasus menggunakan alat dan keahliannya.

Melihat kinerja Polri tersebut, Guru Besar bidang Ilmu Hukum dan Tata Negara ini optimistis bahwa sejak awal kasus kematian Brigadir J juga dapat diungkap secara tuntas.

"Bgt jg, dalam kasus pembunuhan Brigadir J ini sejak awal sy yakin bs diungkap asal kita kawal dari ranjau geng pelaku. Sebab locus delictinya jelas di sebuah gedung, korban juga jelas, orang2 yg ada disitu jg jelas," ucapnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x