Kompas TV olahraga kompas sport

Semifinal Piala AFF U16: Indonesia Diprediksi Kalahkan Myanmar dan Lolos ke Final, Ini Analisisnya

Kompas.tv - 9 Agustus 2022, 17:38 WIB
semifinal-piala-aff-u16-indonesia-diprediksi-kalahkan-myanmar-dan-lolos-ke-final-ini-analisisnya
Kapten Timnas U16 Indonesia, Iqbal Gwijangge (kanan) bersama pelatih Bima Sakti. (Sumber: Antara Foto/Michael Siahaan)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pengamat sepak bola, Ignatius Indro, memprediksi Timnas U16 Indonesia akan mengalahkan Myanmar dalam laga semifinal Piala AFF U16 2022 yang akan digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu (10/8/2022) besok.

Indro menilai anak-anak asuh Bima Sakti sudah membuktikan kualitas mereka dengan bermain bagus dalam tiga laga dan menjuarai grup A Piala AFF U16.

“Peluang Indonesia untuk lolos ke final Piala AFF U16 ini saya pikir cukup terbuka lebar jika kita bisa mempertahankan permainan kita seperti saat melawan Singapura ataupun Vietnam," katanya kepada KOMPAS.TV, Selasa (9/8/2022).

Apalagi, kata dia, Vietnam dan Myanmar memiliki gaya permainan yang hampir serupa.

“Myanmar sendiri memiliki gaya permainan yang lebih mirip dengan Vietnam yaitu permainan cepat dan ngotot. Namun kita harus bisa mengantisipasi pergerakan mereka dan tetap bermain tenang dari kaki ke kaki dan mengurangi umpan-umpan lambung,” papar Indro.

Secara khusus, ia menyoroti sosok kapten dan bek Timnas U16 Indonesia, Iqbal Gwijangge.

"Iqbal Gwijangge sebagai jenderal pertahanan harus kembali membuat kenyamanan bagi pemain lainnya sehingga tidak ragu untuk membantu penyerangan," papar pria yang juga koordinator Paguyuban Suporter Timnas Indonesia (PSTI) itu. 

Baca Juga: Jelang Lawan Myanmar, Bima Sakti: Dukung Timnas U16, Tak Masalah Suporter Teriaki Pemain Lawan

Ia juga menyebutkan, Bima Sakti harus berani meminta anak-anak asuhnya untuk mengeksplorasi umpan-umpan terobosan yang menjadi andalan timnya selama ini.

Lantas, kata dia, para pemain juga harus berani bergerak spartan.

Apalagi, kata Indro, timnas punya kelebihan pergerakan tanpa bola dari pemain seperti Kaka yang selama ini juga cukup baik sehingga membuka peluang bagi pemain lain seperti Muhammad Nabil Asyura untuk mencetak gol.

“Yang terpenting bagi pasukan Bima Sakti ini adalah tetap mempertahankan fighting spirit dan mental yang kuat seperti yang ditunjukkan saat melawan Vietnam dan tidak menganggap enteng lawan,” paparnya.

Ia pun memprediksi tim Garuda Asia mampu mengalahkan Myanmar 2-0 dan melaju ke final. 

"Jika ini bisa dilakukan, maka bukan tidak mungkin kita bisa lolos ke final dengan mengalahkan Myanmar dengan skor 2-0 bahkan bisa lebih," tutupnya. 

Selama fase grup Piala AFF U16, anak-anak asuh Bima Sakti mampu membukukan 13 gol dan baru kebobolan 1 gol. Garuda Asia pun difavoritkan jadi juara.

Sebagai informasi, kick off pertandingan Indonesia vs Myanmar ini akan digelar pukul 20.00 WIB di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Rabu besok. 

Baca Juga: Kata Pelatih Myanmar Jelang Semifinal Piala AFF U16 2022 Kontra Timnas U16 Indonesia

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x