Kompas TV regional berita daerah

Mengenalkan Kegiatan Manasik Haji Sejak Usia Dini

Kompas.tv - 9 Agustus 2022, 10:48 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Untuk mengetahui prosesi haji dan umrah serta menjadikan anak termotivasi naik haji, ratusan anak dari PAUD dan TK di Kota Semarang, Jawa Tengah, mengikuti latihan manasik haji.

Layaknya sedang menunaikan ibadah haji dan umrah, dalam pelatihan manasik haji ini anak-anak PAUD dan TK Islam Terpadu Bina Amal Semarang menggunakan pakaian ihram dan niat ihram. Bimbingan haji ini di pandu langsung dari pembina haji Firdaus Fatimah Zahra Gunung Pati, Kota Semarang,  yang masing- masing kelompok anak juga mendapat pengawasan dan bimbingan dari guru mereka.

Sebanyak 290 siswa PAUD dan TK diperkenalkan prosesi haji seperti thawaf di Kabah, sai dan tahallul, wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah dan Mina hingga lempar jumrah. Pada kesempatan itu anak- anak diajak masuk ke replika Masjid Nabawi yang bangunanannya hampir serupa aslinya.

"Memberikan pemahaman kepada anak-anak, tentang ibadah haji itu sendiri seperti apa. Bagaimana rukun-rukunnya dan alhamdulillah tadi anak mengalami sendiri prosesi manasik haji dari thawaf, sai, kemudian tahallul, tadi diantaranya juga sempat lempar jumrah," kata Sakdiyah, Kepala PAUD IT Bina Amal Semarang.

Selain itu, kegiatan manasik haji ini dilakukan agar anak-anak  ke depannya termotivasi untuk menyempurnakan rukun Islam yang kelima. Manasik haji ini sendiri akan kembali menjadi agenda rutin tahunan setelah sebelumnya selama dua tahun tidak digelar karena pandemi Covid-19.

#semarang #manasikhaji #pauditbinaamal

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x