Kompas TV feature news or hoax

Hoax Hidrogen Peroksida Dapat Menyembuhkan Kanker - NEW OR HOAX

Kompas.tv - 9 Agustus 2022, 06:07 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Ada sebuah video yang berisi klaim bahwa menggosokkan Hidrogen Peroksida ke kulit dengan intensitas 1 atau 2 kali sehari bisa membunuh sel kanker. Dalam narasinya juga disebutkan bahwa banyak ilmu bermanfaat yang disembunyikan karena Hidrogen Perosida memiliki banyak manfaat luar biasa di samping harganya yang murah.

Dilansir dari Fullfact.org Kepala Perawat bidang Informasi di Cancer Research UK Martin Ledwick menyatakan Hidrogen Peroksida tidak bermanfaat untuk mengobati kanker. menggosokkan Hidrogen Peroksida pada kulit justru berisiko menyebabkan kulit melepuh.

“Hidrogen Peroksida dapat digunakan sebagai disiinfektan dan dalam larutan yang sangat lemah untuk beberapa penyakit ringan. Namun itu tidak ada gunanya dalam mengobati kanker” ujar Martin.

Hidrogen Peroksida sendiri adalah senyawa kimia yang digunakan untuk berbagai tujuan mulai dari memutihkan gigi hingga membersihkan luka kecil dan goresan. Larutan Hidrogen Peroksida efektif membunuh kuman dan virus. Namun ia tidak dapat diserap ke dalam tubuh atau aliran darah untuk membunuh sel kanker saat dioleskan pada kulit.

Jadi, narasi yang menyatakan menggosokkan Hidrogen Peroksida ke kulit dapat dengan intensitas 1 atau 2 kali sehari dapat membunuh sel kanker adalah informasi tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x