Kompas TV internasional kompas dunia

Meluas, Kecaman atas Rencana Australia Beli Kapal Selam Bertenaga Nuklir dari AS

Kompas.tv - 7 Agustus 2022, 19:05 WIB
meluas-kecaman-atas-rencana-australia-beli-kapal-selam-bertenaga-nuklir-dari-as
Kapal selam kelas Collins HMAS Sheean (SSG 77). Rencana Australia untuk memperoleh kapal selam bertenaga nuklir menghadapi penentangan yang meningkat, terutama dari negara-negara di Asia (Sumber: US Navy)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

SYDNEY, KOMPAS.TV - Rencana Australia untuk memperoleh kapal selam bertenaga nuklir menghadapi penentangan yang meningkat, terutama dari negara-negara di Asia, atas kekhawatiran akan meningkatkan risiko perlombaan senjata nuklir dunia, seperti laporan Straits Times, Minggu (7/8/2022).

Australia tidak memiliki senjata nuklir tetapi berencana untuk mengembangkan kapal selam bertenaga nuklir. Tahun lalu negara ini mencapai kesepakatan dengan Amerika Serikat dan Inggris, yang akan memasok teknologi dan bahan nuklir untuk kapal selam yang hanya akan membawa senjata konvensional.

Kesepakatan itu menimbulkan kekhawatiran atas potensi risiko membiarkan bahan nuklir digunakan untuk tujuan militer, walaupun bukan untuk senjata nuklir.

Di bawah perjanjian non-proliferasi nuklir internasional NPT, AS dan Inggris, sebagai negara pemilik senjata nuklir, berjanji untuk tidak memasok senjata nuklir atau membantu negara lain untuk memperolehnya.

Negara-negara non-senjata nuklir seperti Australia dilarang menerima atau memperoleh senjata nuklir.

China baru-baru ini merilis sebuah laporan oleh dua think-tank yang didukung negara, yang mengatakan proyek kapal selam Australia akan menjadi "preseden berbahaya" dan dapat menyebabkan proliferasi nuklir di wilayah tersebut.

Baca Juga: Indonesian Paper: Saran Indonesia untuk Kontroversi Kapal Selam Nuklir dan Komitmen Non-proliferasi

Foto 28 Februari 2022, menunjukkan kapal selam nuklir AS selama latihan militer di Cartagena, Kolombia. Rencana Australia untuk memperoleh kapal selam bertenaga nuklir menghadapi penentangan yang meningkat, terutama dari negara-negara di Asia. (Sumber: Straits Times/Colombian Navy)

Laporan itu mengkritik langkah AS dan Inggris untuk mentransfer bahan nuklir tingkat senjata ke negara non-senjata nuklir seperti Australia, dengan mengatakan kesepakatan itu mengundang "perlombaan senjata di kapal selam nuklir dan proliferasi teknologi rudal".

Penolakan China terhadap proyek kapal selam tidak mengejutkan, terutama karena hubungannya dengan Australia membeku dalam beberapa tahun terakhir.

Kapal selam akan memungkinkan angkatan laut Australia untuk beroperasi di perairan yang jauh dari pantai, berpotensi menjelajah di wilayah yang diperebutkan seperti Laut Cina Selatan.

Namun China bukan satu-satunya negara di Asia yang menyatakan keprihatinan tentang proyek tersebut.

Indonesia, yang memiliki hubungan persahabatan dengan Australia, juga memperingatkan bahwa mengizinkan propulsi kapal selam bertenaga nuklir dapat menyebabkan penyebaran senjata nuklir.

Dalam makalah yang diserahkan ke konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa PBN yang dimulai minggu ini untuk meninjau NPT, Indonesia mengatakan berbagi teknologi dan bahan nuklir untuk tujuan militer mungkin bertentangan dengan tujuan perjanjian dan dapat menjadi preseden untuk pengaturan serupa lainnya.

Baca Juga: China Kritik Kapal Selam Nuklir AUKUS: Pelucutan Senjata Nuklir Jangan Standar Ganda

Anthony Albanese hari Sabtu, (11/6/2022) mengatakan  pemerintahnya mencapai penyelesaian 555 juta euro atau setara 8,5 triliun rupiah dengan Grup Angkatan Laut Prancis atas keputusan tahun lalu untuk membatalkan kesepakatan pembelian kapal selam baru buatan Prancis.  Rencana Australia untuk memperoleh kapal selam bertenaga nuklir menghadapi penentangan yang meningkat, terutama dari negara-negara di Asia. (Sumber: Straits Times)

Surat kabar itu mengatakan berbagi teknologi nuklir dapat mengarah pada "jenis senjata pemusnah massal baru, yang berasal dari kombinasi bahan nuklir dan senjata konvensional".

Argumen tersebut menyarankan bahwa penggunaan uranium untuk propulsi nuklir harus dilarang karena proyek tersebut dapat "dieksploitasi" untuk menyembunyikan program senjata nuklir.



Sumber : Kompas TV/Straits Times/US Naval Institute


BERITA LAINNYA



Close Ads x