Kompas TV nasional peristiwa

Deretan Kontroversi Roy Suryo: Salah Pesawat, Gelar Dewa Panci, hingga Kasus Meme Stupa Mirip Jokowi

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 11:01 WIB
deretan-kontroversi-roy-suryo-salah-pesawat-gelar-dewa-panci-hingga-kasus-meme-stupa-mirip-jokowi
Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo usai diperiksa sebagai tersangka kasus penistaan agama, Kamis (28/7/2022). (Sumber: KOMPAS.com/Tria Sutrisna)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo kembali menjadi perhatian publik usai ditahan oleh pihak kepolisian dalam kasus penistaan agama terkait meme stupa Candi Borobudur mirip Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Roy Suryo yang merupakan tersangka dalam kasus ini ditahan untuk 20 hari ke depan sejak Jumat (5/8/2022).

Roy sendiri merupakan salah satu figur publik yang kerap menjadi perhatian masyarakat sekaligus bulan-bulanan netizen.

Baca Juga: Roy Suryo Ditahan Terkait Kasus Penistaan Agama, Begini Tanggapan Kuasa Hukum Pelapor

Kasus meme stupa mirip Jokowi yang sedang menjeratnya ini menambah daftar panjang kontroversi seputar pria 52 tahun itu. Apa saja kontroversi-kontroversi yang pernah membelit Roy Suryo?

Daftar Kontroversi Roy Suryo

1. Salah Naik Pesawat

Roy Suryo dan istrinya pernah salah naik pesawat pada 2011. Tiket Roy tertera pukul 07.45 WIB, tetapi pesawat yang ditumpanginya terbang pukul 06.15.

Komedian Ernest Prakasa yang seharusnya menduduki kursi yang saat itu sudah diduduki Roy dan istri pun protes. Hal ini sempat membuat penerbangan terlambat karena penumpang ricuh.

Roy yang sempat ngeyel tak ingin turun pun akhirnya diturunkan dari pesawat.


Baca Juga: Dijerat Pasal Berlapis, Roy Suryo Terancam Hukuman 6 Tahun Penjara

2. Salah Lirik saat Menyanyikan Indonesia Raya

Pada Agustus 2013, saat menonton pertandingan sepak bola di Stadion Maguwo, Roy Suryo salah lirik saat menyanyikan lagu nasional Indonesia Raya.

Cerita bermula ketika Roy yang kala itu menjabat Menpora mencoba menenangkan suasana yang ricuh di stadion. Ia kemudian mengajak para suporter untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Sayangnya, dia salah lirik. Video Roy salah lirik pun tersebar di media sosial.

3. Gelar Dewa Panci

Saat lengser dari jabatan Menpora, Roy Suryo disebut membawa sejumlah barang yang ada di rumah dinasnya, termasuk panci. Ia lalu diminta untuk mengembalikan barang-barang itu yang totalnya dilaporkan mencapai 3.226 unit.

Pegiat media sosial, Eko Kuntadhi dan Mazdho Pray, lantas memberikan gelar Dewa Panci kepada Roy. Hal ini ternyata menjadi polemik berkepanjangan hingga naik ke meja hijau.

Baca Juga: Roy Suryo Resmi Ditahan Hari Ini, Polisi Sita Akun Twitter @KRMTRoySuryo2

4. Baliho Terbalik

Pada Pemilu 2019 lalu, pakar telematika ini sempat mencalonkan diri menjadi anggota DPR RI dari Partai Demokrat untuk daerah pemilihan DI Yogyakarta.

Dia membuat kampanye yang berbeda, dengan memasang baliho yang menampilkan fotonya secara terbalik. Hal ini cukup sukses menarik perhatian masyarakat, tetapi tak cukup untuk membuatnya terpilih.

5. Melaporkan Menag soal Gonggongan Anjing

Pada awal 2022, Roy Suryo melaporkan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas terkait ucapan ‘gonggongan anjing’. Namun, penyidik menolak laporan tersebut.

Roy Suryo kemudian malah dilaporkan balik oleh Pimpinan Pusat GP Ansor.

Baca Juga: Saat Sakit Roy Suryo Muncul di Klub Mobil, Pelapor Roy Suryo: Sungguh Miris!

6. Kasus Meme Stupa Mirip Jokowi

Yang terbaru, Roy Suryo dilaporkan karena telah mengunggah meme stupa Candi Borobudur yang wajahnya diedit menjadi mirip Presiden Jokowi. Meme tersebut dinilai melecehkan patung Sang Buddha.

Kini, Roy telah ditetapkan sebagai tersangka penistaan agama dan ditahan.


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x