Kompas TV nasional peristiwa

Anies Ubah Istilah RSUD Jadi Rumah Sehat Untuk Jakarta, Belum Berlaku untuk RS Swasta

Kompas.tv - 4 Agustus 2022, 10:22 WIB
anies-ubah-istilah-rsud-jadi-rumah-sehat-untuk-jakarta-belum-berlaku-untuk-rs-swasta
Penjenamaan Rumah Sakit Umum Daerah menjadi Rumah Sehat untuk Jakarta. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penjenamaan (pemberian merek atau branding) istilah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Jakarta menjadi Rumah Sehat untuk Jakarta saat ini masih diberlakukan hanya untuk fasilitas kesehatan milik pemerintah daerah setempat.

"Sejauh ini, (yang) diubah jadi rumah sehat, kami lakukan di rumah sakit milik Pemprov DKI Jakarta," sebut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, saat pencanangan di Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (3/8/22). 

Baca Juga: Kritik Anies Ubah Istilah RSUD Menjadi Rumah Sehat, Ketua DPRD: Setop Bikin Kebijakan Ngawur

Anies mengatakan, untuk rumah sakit swasta di Jakarta, ia akan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan terlebih dahulu terkait pergantian istilah rumah sakit menjadi rumah sehat. 

"Nanti dengan Kementerian Kesehatan kalau itu (penggunaan istilah Rumah Sehat untuk Jakarta untuk rumah sakit swasta di Ibu Kota)," ujar dia.

Sebagai informasi, Anies mencanangkan penjenamaan (pemberian merek atau branding) nama Rumah Sakit Umum Daerah (rsud) menjadi Rumah Sehat untuk Jakarta. 

Pencanangan  RSUD menjadi Rumah Sehat untuk Jakarta dilakukan di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (3/8/22).

"Kita mencanangkan, penjenamaan rumah sehat untuk Jakarta. Program ini sebenarnya sudah dirancang sejak lama, ide gagasan mulai dibahas 2019, 2020 mulai awal, mulai kami siapkan langkah-langkahnya lalu muncul pandemi sehingga ini terhenti," kata Anies.

Melalui penggantian merek ini, Anies berharap nantinya Rumah Sakit (RS) tidak lagi berorientasi hanya pada orang sakit. 

Baca Juga: Anies Ganti Istilah RSUD Jadi Rumah Sehat untuk Jakarta, Ini Perbedaannya

Menurut Anies, pandemi Covid-19 menunjukkan pentingnya menjaga kesehatan di mana peran RS tidak hanya untuk menyembuhkan orang sakit namun juga perlu menambah aspek promotif dan preventif. 

"Jadi Rumah Sehat ini dirancang untuk benar-benar membuat kita berorientasi pada hidup yang sehat, bukan sekedar berorientasi untuk sembuh dari sakit," kata Anies. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x