Kompas TV nasional peristiwa

Anies Ganti Istilah RSUD Jadi Rumah Sehat untuk Jakarta, Ini Perbedaannya

Kompas.tv - 3 Agustus 2022, 15:40 WIB
anies-ganti-istilah-rsud-jadi-rumah-sehat-untuk-jakarta-ini-perbedaannya
Foto ilustrasi. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ajak para orangtua lengkapi imunisasi anak. Anies mengganti istilah rumah sakit umum daerah dengan Rumah Sehat untuk Jakarta.(Sumber: Dok. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mencanangkan penjenamaan (pemberian merek atau branding) nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) menjadi Rumah Sehat untuk Jakarta. 

Pencanangan RSUD menjadi Rumah Sehat untuk Jakarta dilakukan di RSUD Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (3/8/2022).

"Kita mencanangkan, penjenamaan rumah sehat untuk Jakarta. Program ini sebenarnya sudah dirancang sejak lama, ide gagasan mulai dibahas 2019, 2020 mulai awal, mulai kami siapkan langkah-langkahnya lalu muncul pandemi sehingga ini terhenti," kata Anies.

Baca Juga: Anies Canangkan Ubah Nama Rumah Sakit Jadi Rumah Sehat, Bukan Hanya untuk Orang Sakit

Dalam pencanangan tersebut, Anies menjelaskan alasan dan perbedaan dari Rumah Sakit dan Rumah Sehat. 

Mengapa penjenamaan ini dilakukan, jelas Anies, karena selama ini rumah sakit berorientasi pada kuratif dan rahabilitatif sehingga yang datang ke rumah sakit hanya orang yang sakit dengan tujuan untuk sembuh. 

"Datanglah ke rumah sakit untuk sembuh, untuk sembuh itu harus sakit dulu, sehingga tempat ini menjadi tempat orang sakit," jelas Anies. 

Namun, semenjak pandemi Covid-19, lanjut Anies, menjaga kesehatan menjadi aspek penting. Karena itulah, ia ingin peran rumah sakit bertambah.

"Aspek apa? Aspek promotif, aspek preventif, jadi datang ke rumah sehat untuk menjadi sehat dan lebih sehat," kata Anies. 

Di rumah sehat ini, warga bisa datang untuk melakukan medical check up sampai persoalan gizi, konsultasi, dan lain-lain.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x