Kompas TV nasional agama

Seluruh Jemaah Haji Aceh Sudah Pulang ke Tanah Air, Empat Orang Meninggal Dunia

Kompas.tv - 2 Agustus 2022, 10:44 WIB
seluruh-jemaah-haji-aceh-sudah-pulang-ke-tanah-air-empat-orang-meninggal-dunia
Jamaah haji kloter enam Debarkasi Aceh tiba di Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar, Senin (1/8/2022). (Sumber: ANTARA/HO-PPIH Debarkasi Aceh)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

ACEH, KOMPAS.TV – Seluruh jemaah haji asal Aceh dipastikan sudah tiba di tanah air. Dari total 2.022 jamaah haji yang diberangkatkan ke Arab Saudi, 1.998 sudah tiba Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar.

Dalam jumlah itu, empat jemaah Aceh meninggal dunia selama proses haji 2022.

Hal itu dungkap Koordinator Humas dan Penerangan PPIH Debarkasi Aceh Tajri bin Yakub, Senin malam waktu Arab Saudi (1/8/2022) yang mengatakan jemaah haji Aceh yang terakhir tiba di Tanah Rencong yakni kloter enam dan berjumlah 62 orang.

"Jemaah haji kloter enam tiba pada Senin (1/8) sekitar pukul 21.21 WIB di Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda (SIM) Aceh Besar," kata Tajri dikutip dari Antara.


 

Jemaah yang meninggal yakni Muslim bin Abdul Wahab Salam (51) dan Abdul Manaf bin Dahlan Abubakar (55) dari kloter satu, serta Nurkharijah binti Muhammad Yunus (64) dan Intan Sani binti Abdullah (61) dari kloter lima.

Menurut Tajri, pada proses pemulangan jemaah haji tahun 2022, Bandara SIM menerima kedatangan 1.567 jamaah dari Bandara King Abdul Aziz (JED), Jeddah.

Sementara sisanya, 451 jamaah diberangkatkan melalui Bandara Prince Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah.

"Alhamdulillah, fase pemulangan jamaah haji Aceh tahun ini telah selesai. Kita sudah menerima kepulangan 1.998 jemaah dari Arab Saudi," katanya.

Baca Juga: Jamaah Haji Gorontalo Wajib Swab Antigen Saat Tiba Di Gorontalo

Enam Kloter Terakhir dari Aceh Kondisinya Baik

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan PPIH Debarkasi Aceh Yusri mengatakan dalam jemaah kloter enam di fase terakhir pemulangan jemaah Aceh ini tidak terdapat jamaah yang harus dirujuk ke rumah sakit.

"Alhamdulillah, jamaah kloter enam dalam kondisi baik semua, tidak ada yang kita rujuk ke rumah sakit," kata Yusri.

Saat ini, kata Yusri, ada satu jemaah yang masih dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah dr Zainoel Abidin (RSUDZA) yakni Srimulyani binti Basri (39).

Mereka berasal dari kloter lima asal Aceh Besar karena lemah dan penurunan kondisi pasca kemoterapi.

Sementara jamaah kloter dua asal Aceh Tenggara yang juga dirujuk ke RSUDZA, Rabu (27/7) lalu, dilaporkan meninggal dunia pada Senin (1/8) pukul 15.00 WIB.

"Saat masih ada satu jemaah kloter lima yang dirawat di RSUDZA," katanya.

Baca Juga: Waduh! Sudah Dilarang, Seorang Jemaah Haji Indonesia Nekat Merokok di Masjid Nabawi

 



Sumber : ANTARA


BERITA LAINNYA



Close Ads x