Kompas TV olahraga kompas sport

ASEAN Para Games 2022: Indonesia Sabet 11 Medali Emas Para Atletik Hari Ini, Targetkan Total 35 Emas

Kompas.tv - 1 Agustus 2022, 21:39 WIB
asean-para-games-2022-indonesia-sabet-11-medali-emas-para-atletik-hari-ini-targetkan-total-35-emas
Atlet para-atletik Indonesia, Sapto Yogo Purnomo, membawa bendera Merah Putih usai meraih medali emas nomor lari 100 meter T37 putra di Stadion Manahan, Solo, Senin (1/8/2022) siang WIB. (Sumber: KOMPAS.com/FAISHAL RAIHAN)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia panen sebelas medali emas pada hari pertama perlombaan cabang olahraga (cabor) para atletik ASEAN Para Games 2022 di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (1/8/2022).

Sejauh ini, cabor para atletik menjadi tumpuan Indonesia untuk meraih medali emas dan menjadi juara umum ASEAN Para Games 2022.

Indonesia menargetkan meraih 35 medali emas di cabor para atletik. Kontingen Indonesia masih berpotensi menambah satu medali emas lagi pada hari pertama. Namun masih menunggu hasil hitung-hitungan raza point system.


Baca Juga: ASEAN Para Games 2022: Ni Nengah Widiasih Sabet Medali Emas meski Badan Kurang Fit

"Raza point adalah kelas-kelas combine akan dihitung berdasarkan rumus tertentu tetapan World Para Athletic," kata pelatih para atletik Indonesia, Slamet Widodo, Senin, dikutip dari Kompas.com.

Slamet sendiri sangat optimistis akan mampu mencapai target 35 emas. Pasalnya, pada hari pertama perlombaan, raihan medali emas di cabor para atletik sudah melebihi target sepuluh emas.

"Target keseluruhan 35 medali emas. Hari ini 10 medali, tapi mencapai 11 medali emas," ungkap Slamet.

Selain itu, dia juga percaya akan ada kejutan-kejutan baru di nomor-nomor tertentu. Seperti Firza Faturahman Listianto yang sejatinya tidak ditargetkan meraih medali emas, mampu berdiri di podium utama di nomor 100 meter kategori T45/46.

Baca Juga: Sabet Medali Emas di ASEAN Para Games 2022, Aris Wibawa: Ini untuk Kemerdekaan Indonesia

Atlet peraih emas, Nur Ferry Pradana, mengaku sangat puas dengan hasil yang diperolehnya.

"Untuk pertandingan kali ini saya ikut di lima nomor, tiga individu dan dua nomor estafet. Hari ini menjalankan pertandingan pada lari 100 meter T47. Walaupun belum memenuhi target sebelumnya, saya sangat bersyukur bisa bertanding secara maksimal," kata Nur Ferry seperti dilansir Antara.

Ia berharap pencapaian yang sama akan diperoleh dari pertandingan selanjutnya pada nomor 200 meter yang akan dipertandingkan Selasa (2/8/2022) besok.

Adapun peraih medali emas lain, Nanda Mei Sholihah, mengikuti tiga nomor, yakni lari 100 meter, 200 meter, dan 400 meter.

"Hari ini alhamdulilah mengikuti pertandingan hari pertama di nomor 100 meter, alhamdulilah dapat medali emas juga," kata Nanda.



Sumber : Kompas.com/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x