Kompas TV internasional kompas dunia

DJ Perempuan Arab Saudi Makin Unjuk Gigi, Tidak Terbayang Bisa Terjadi Beberapa Tahun Lalu

Kompas.tv - 31 Juli 2022, 14:57 WIB
dj-perempuan-arab-saudi-makin-unjuk-gigi-tidak-terbayang-bisa-terjadi-beberapa-tahun-lalu
Fenomena DJ Leen Naif menangkap tonggak penting: DJ Perempuan Arab Saudi, sebuah fenomena yang tidak terpikirkan hanya beberapa tahun yang lalu di kerajaan tradisional ultrakonservatif itu. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

JEDDAH, KOMPAS.TV - Berdiri di belakang perangkat DJ dengan headphone di lehernya, DJ Arab Saudi Leen Naif bergerak mulus antara lagu pop Arab dan lagu klub dansa yang disajikan untuk audiens yang merupakan para lulusan sekolah bisnis di negara itu.

Keriaan bersama para lulusan sekolah bisnis Arab Saudi itu terbilang tenang dibanding panggung kelas atas Grand Prix Formula 1 di Jeddah, dan Expo 2020 di Dubai, yang membantu DJ berusia 26 tahun itu, yang dikenal sebagai DJ Leen, membuat nama untuk dirinya sendiri di blantika musik dansa Saudi.

Hal itu menangkap tonggak penting: DJ perempuan Saudi, sebuah fenomena yang tidak terpikirkan hanya beberapa tahun yang lalu di kerajaan tradisional ultrakonservatif tersebut, menjadi pemandangan yang relatif umum di kota-kota utamanya.

Hari-hari ini, mereka memukau beberapa pihak karena mereka kini mampu mencari nafkah dari apa yang dulunya hanyalah hobi.

"Banyak DJ perempuan kini muncul," kata Naif, seraya menambahkan hal ini, seiring waktu, membuat penonton "lebih nyaman" melihat mereka di atas panggung.

"Sekarang lebih mudah daripada dulu."

Naif dan rekan-rekannya mewujudkan dua reformasi besar yang diperjuangkan oleh Putra Mahkota Mohammed bin Salman, penguasa de facto Arab Saudi, yaitu peluang baru bagi perempuan dan memperluas pilihan hiburan - terutama musik, yang pernah tidak dianjurkan di bawah Wahabisme, versi Islam Sunni yang kaku.


Baca Juga: Cetak Rekor, 700.000 Pengunjung Hadir di Festival Musik MDLBeast Soundstorm di Riyadh, Arab Saudi,

DJ Lujain Albishi, asli Arab Saudi yang tampil dengan nama Biirdperson mulai bereksperimen di deck DJ-nya sejak pandemi Covid-19. (Sumber: Lujain Albishi)

Tidak pernah terbayangkan DJ perempuan akan disambut di acara-acara publik, sesuatu yang "tidak kami duga" sampai saat ini, kata Mohammed Nassar, DJ Saudi yang dikenal sebagai Vinyl Mode.

"Anda melihat sekarang lebih banyak artis perempuan muncul," kata Nassar.

Sebelumnya "itu hanya hobi untuk mengekspresikan diri di kamar tidur mereka".

"Sekarang kami memiliki platform, dan Anda tahu mereka bahkan bisa memiliki karier. Jadi ini benar-benar luar biasa," tandas Nassar.

Naif pertama kali diperkenalkan ke musik elektronik saat remaja oleh salah satu pamannya, dan dia hampir seketika mulai bertanya-tanya apakah menjadi DJ adalah pekerjaan yang layak.

Sementara teman-temannya memimpikan karir sebagai dokter dan guru, dia tahu dia tidak memiliki kesabaran untuk sekolah di jalur tersebut.

"Saya orang yang bekerja, bukan orang yang belajar," katanya.

Baca Juga: Kisah Petinju Perempuan Arab Saudi: Masih Remaja dan Bertarung Kemana-mana untuk Kalahkan Stereotipe

DJ Lujain Albishi, asli Arab Saudi yang tampil dengan nama Biirdperson mulai bereksperimen di deck DJ selama pandemi. Keluarganya tidak setuju dia menjadi seorang DJ profesional, dan menginginkan dia menjadi dokter. (Sumber: Lujain Albishi/doc)

Tidak seperti DJ perempuan lainnya, dia mendapat dukungan langsung dari orang tua dan saudara-saudaranya.

Perempuan Saudi lainnya, bagaimanapun, membutuhkan beberapa kisah sukses.

Beberapa tahun yang lalu, seorang pria datang ke pertunjukan, menyatakan dia "tidak diizinkan" dan menuntut "Mengapa kamu melakukan ini?"



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x