Kompas TV internasional kompas dunia

Kisah Petinju Perempuan Arab Saudi: Masih Remaja dan Bertarung Kemana-mana untuk Kalahkan Stereotipe

Kompas.tv - 24 Juli 2022, 10:56 WIB
kisah-petinju-perempuan-arab-saudi-masih-remaja-dan-bertarung-kemana-mana-untuk-kalahkan-stereotipe
Salma Fahad adalah atlet tinju remaja perempuan Arab Saudi, dan dia menjadi inspirasi remaja lain. Era ini adalah yang paling menjanjikan bagi perempuan Saudi (Sumber: Arab News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

RIYADH, KOMPAS.TV - Era ini adalah yang paling menjanjikan bagi perempuan di Arab Saudi untuk menjadi atlet tinju.

Olahraga ini menjadi lebih terkenal di Kerajaan Arab Saudi dan semakin banyak perempuan yang berani mengejar hasrat bertarung mereka.

Seperti dialami seorang petinju amatir Saudi, Salma Fahad. Ia baru berusia 19 tahun, namun siap menunjukkan kepada dunia potensi perempuan Arab Saudi bertarung tinju.

Petinju amatir ini adalah bagian dari tim TKO Fighters, menghabiskan sebagian besar waktunya di TKO Gym di Al-Wadi Riyadh, mempersiapkan diri untuk menghadapi para petinju profesional pada akhir bulan ini.

“Pertandingan selanjutnya adalah exhibition yang akan kami selenggarakan pada 28 dan 29 Juli nanti,” kata Fahad.

“Saya sangat bersemangat tentang ini; kami bekerja keras dan ini akan menjadi acara yang hebat. Itu di Riyadh, di Radisson Blu Hotel.”

Baca Juga: Heboh Mantan Imam Masjidil Haram Tunggangi Harley Davidson, Bikin Kontroversi di Arab Saudi

Salma Fahad dan pelatihnya, Lee Starks, yang berbasis di Arab Saudi. Salma adalah atlet tinju remaja perempuan Arab Saudi, dan dia menjadi inspirasi remaja lain. Era ini adalah yang paling menjanjikan bagi perempuan Saudi (Sumber: Arab News)

Salma Fahad berlatih tinju selama delapan bulan. Dia bergabung dengan petarung TKO Fighters ketika dia berusia 18 tahun, dan bercita-cita menjadi petinju sejak kecil.

“Saya biasa menonton tinju di TV, terutama tinju perempuan, dan saya merasa sangat terinspirasi,” katanya.

"Setelah pertarungan pertama saya, meskipun saya dipukuli, saya bertarung meskipun saya baru bertinju selama seminggu. Itu adalah pembuka mata dan membawa kegembiraan dalam diri saya." ungkap Salma Fahad.

Petarung Saudi ini berkompetisi di dua kompetisi resmi, kompetisi pertama berlangsung di Riyadh tahun lalu, dan pertandingan keduanya di Kuwait Maret lalu.

Salma juga mengadakan eksibisi sepanjang tahun dan secara teratur berlatih tanding.

“Memahami bagaimana rasanya berada dalam pertarungan amatir dan benar-benar mendapatkan pengalaman seperti itu membuat saya menyadari betapa saya mencintai olahraga ini dan betapa saya ingin berkomitmen untuk itu,” kata Salma dengan girang.

Baca Juga: Terungkap! Kerasnya Respons Putra Mahkota Arab Saudi atas Tudingan Biden soal Pembunuhan Khashoggi

Salma Fahad adalah atlet tinju remaja perempuan Arab Saudi, dan dia menjadi inspirasi remaja lain. Era ini adalah yang paling menjanjikan bagi perempuan Saudi (Sumber: Arab News)

Gairah Fahad memotivasinya untuk berlatih enam hari seminggu sambil berusaha tetap sehat untuk menurunkan berat badannya.

“Anda harus selalu membungkus tangan Anda untuk melindunginya, itu yang terpenting, agar Anda tidak melukai diri sendiri,” kata Fahad.

“Biasanya kita mulai dengan lompat tali dan pemanasan untuk membantu gerakan kaki dan menggunakan speed bag untuk membantu koordinasi mata dan tangan. Kami melakukan beberapa latihan satu sama lain, gerakan angkat beban, pelatihan angkat beban, pukulan jab, umpan silang, hook, kami menggabungkannya. Kami juga melatih gerakan kepala satu sama lain.”



Sumber : Kompas TV/Arab News


BERITA LAINNYA



Close Ads x