Kompas TV regional peristiwa

Kebakaran di Gili Trawangan Hanguskan Puluhan Kamar Hotel, Tamu Diungsikan, Penyebab Belum Diketahui

Kompas.tv - 31 Juli 2022, 13:23 WIB
kebakaran-di-gili-trawangan-hanguskan-puluhan-kamar-hotel-tamu-diungsikan-penyebab-belum-diketahui
Bangunan kamar hotel Jambuluwuk Oceano Resort di Gili Trawangan yang hangus terbakar, Minggu (31/7/2022). Kebakaran melanda hotel yang terletak di kawasan pantai utara Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat ini, Sabtu (30/7) malam. (Sumber: Taruna Siaga Bencana (Tagana) Dinas Sosial Kab. Lombok Utara)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Deni Muliya

GILI TRAWANGAN, KOMPAS.TV – Kebakaran yang melanda hotel Jambuluwuk Oceano Resort di kawasan pantai utara Gili Trawangan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (30/7/2022) malam menghanguskan puluhan kamar hotel.

Tak kurang sebanyak 64 kamar hotel dan 3 gudang hangus terbakar. Seorang staf hotel juga dilaporkan mengalami luka atau cedera.

Hingga saat ini, penyebab kebakaran masih terus diselidiki.

Petugas Polres Lombok Utara masih menginterogasi sejumlah saksi di lokasi hotel yang memiliki luas sekitar 2,5 hektare itu.

“Penyebab kebakaran belum diketahui, masih kami selidiki,” ujar Kapolres Lombok Utara AKBP I Wayan Sudarmanta pada KOMPAS.TV di Gili Trawangan, Minggu (31/7/2022).

Baca Juga: Kebakaran Landa Hotel di Gili Trawangan, Tak Ada Damkar Bikin Api Sulit Dijinakkan

Kronologi

Api dilaporkan bermula dari kamar di bagian belakang hotel. Hal ini diungkap Manajer Operasional Jambuluwuk Oceano Gili Trawangan, Seven Mulia.

“Awalnya ada tamu yang lapor ke lobi. Tamu itu bilang, ada api di kamar belakang. Turunlah kami semua ke belakang. Ternyata benar, apinya sudah posisi di atap. Setelah itu kami lakukan penanganan supaya api berhenti (berkobar),” tutur Seven Mulia saat ditemui KOMPAS.TV di area hotel, Minggu (31/7/2022) pagi.

Seven Mulia, manajer operasional hotel Jambuluwuk Oceano Resort Gili Trawangan. (Sumber: Kompas.tv/Vyara)

Namun, penanganan kebakaran menggunakan tabung APAR dan pompa air manual rupanya kalah dengan kobaran api yang telanjur membesar dengan cepat.

Apalagi angin sempat bertiup kencang, hingga kobaran api dengan cepat menyambar bangunan di sekitarnya.

Bangunan yang sebagian terdiri dari bahan yang mudah terbakar seperti atap alang-alang juga membuat kobaran api cepat membesar.

Karyawan hotel dibantu warga sekitar dan tetamu bahu-membahu membantu memadamkan kobaran api.

Pemadaman dilakukan dengan memompa air dari kolam renang.

Tak kurang sebanyak lima hotel lain mengirimkan bantuan berupa pompa air untuk menyedot air dari kolam renang.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x