Kompas TV olahraga kompas sport

Juara Dunia F1 Empat Kali Sebastian Vettel Gantung Stir Akhir Musim 2022

Kompas.tv - 28 Juli 2022, 18:25 WIB
juara-dunia-f1-empat-kali-sebastian-vettel-gantung-stir-akhir-musim-2022
Pembalap F1 Sebastian Vettel memutuskan untuk pensiun di akhir musim 2022. (Sumber: Twitter @AstonMartinF1)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Juara dunia empat kali Formula One (F1) Sebastian Vettel memutuskan untuk pensiun di akhir musim 2022.

Kabar pensiunnya Vettel tersebut diumumkan oleh timnya saat ini Aston Martin Aramco Cognizant, Kamis (28/7/2022). 

"Pembalap Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team Sebastian Vettel telah memutuskan untuk pensiun pada akhir musim 2022, setelah menikmati karir motorsport yang gemilang," bunyi pernyataan tersebut. 

Vettel merupakan satu dari pembalap tersukses F1 dengan mampu memenangi empat gelar juara dunia berturut-turut bersama Redbull Racing pada tahun 2010, 2011, 2012 dan 2013. Ia sekaligus mengembalikan mesin Renault dalam persaingan, menembus dominasi Ferarri dan McLaren Mercedes. Sebelum Vettel, Renault dua kali merasakan juara F1 di masa pembalap Fernando Alonso.

Vettel yang kini berusia 35 tahun itu juga tercatat menjadi salah satu pembalap dengan kemenangan terbanyak grand prix yaitu 53 kali, hanya kalah dari Lewis Hamilton (103 kali) dan Michael Schumacher (91 kali). 

Setelah resmi gantung setir, pembalap asal Jerman itu mengucapkan banyak terima kasih kepada berbagai pihak yang mendukungnya selama menjalani karier di F1. 

"Saya memiliki hak istimewa untuk bekerja dengan banyak orang fantastis di Formula One selama 15 tahun terakhir - terlalu banyak untuk disebutkan dan saya berterima kasih," kata Vettel. 

"Selama dua tahun terakhir saya telah menjadi pembalap Aston Martin Aramco Cognizant Formula One Team - dan, meskipun hasil kami tidak sebaik yang kami harapkan, sangat jelas bagi saya bahwa semuanya sedang disatukan agar sebuah tim perlu balapan di level tertinggi untuk tahun-tahun mendatang."

Baca Juga: Klasik Abis! Mobil Balap Aston Martin Berumur 100 Tahun akan Dikendarai Sebastian Vettel

"Saya sangat menikmati bekerja dengan sekelompok orang yang hebat. Semua orang - Lawrence, Lance, Martin, Mike, manajer senior, insinyur, mekanik, dan anggota tim lainnya - ambisius, cakap, ahli, berkomitmen, dan ramah. Saya berharap mereka semua baik-baik saja."

“Saya berharap pekerjaan yang saya lakukan tahun lalu dan terus saya lakukan tahun ini akan membantu dalam pengembangan tim yang akan menang di masa depan, dan saya akan bekerja sekeras yang saya bisa antara sekarang dan akhir tahun dengan tujuan itu, dan selalu memberikan yang terbaik dalam 10 balapan terakhir," ucapnya. 


Vettel kemudian menjelaskan alasannya kenapa memutuskan untuk pensiun dari F1 yang berandil besar membesarkan namanya. 

Vettel mengatakan bahwa dia berhenti dari F1 karena ingin menikmati waktunya bersama keluarga. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x