Kompas TV olahraga kompas sport

Klasik Abis! Mobil Balap Aston Martin Berumur 100 Tahun akan Dikendarai Sebastian Vettel

Kompas.tv - 19 Juli 2022, 22:25 WIB
klasik-abis-mobil-balap-aston-martin-berumur-100-tahun-akan-dikendarai-sebastian-vettel
Mobil balap berusia 100 Tahun Aston Martin TT1 berjuluk Green Pea. (Sumber: Sassy Films via AP)
Penulis : Christandi Dimas | Editor : Vyara Lestari

LE CASTELLET, KOMPAS.TV - Satu abad sejak debut balapnya, mobil Grand Prix asli Aston Martin akan kembali beraksi sebagai acara perayaan, dan dikendarai langsung oleh pembalap F1 Sebastian Vettel.

Dilansir oleh Associated Press, balapan F1 di sirkuit Paul Ricard akan melihat Aston Martin menandai seratus tahun 'tantangan pertamanya' pada Grand Prix Prancis 1922.

Diketahui, tidak ada pabrikan Formula 1 yang bisa menikmati sejarah awal kompetisi papan atas selain Aston Martin.

"Ya, saya pikir itu akan menjadi sangat, sangat istimewa. Maksud saya, pertama-tama, itu hebat. Dan untuk mengetahui bahwa mobil ini masih hidup, masih berjalan. Dan, Anda tahu, dalam keadaan seperti itu, bentuknya bagus, jelas, sejarahnya, mobilnya, [dan] sekarang [mobil itu] berusia sekitar 100 tahun. Jadi, sungguh gila membayangkan sudah berapa lama mobil itu ada, tetapi [tetap] bagus untuk melihatnya," ujar pembalap Aston Martin F1 Sebastian Vettel.


"Saya sangat senang. Sangat menantikan untuk berada di belakang kemudi. Saya rasa itu akan sangat, sangat berbeda dengan yang biasa saya lakukan. Tetapi, ya, itulah ide keseluruhannya untuk benar-benar mencoba dan menghubungkan, kisah-kisah terkini dan katakanlah awalnya. Jadi saya pasti sangat bersemangat," tambah Vettel.

"Kami merayakan ulang tahun ke-100. Dan jelas sejak 2021, Aston Martin kembali ke Formula 1, kembali ke grid. Dan seluruh tim memiliki rasa bangga yang luar biasa untuk membawa lencana dan mewakili Aston Martin setelah, katakanlah, istirahat panjang. Tapi senang bisa kembali," pungkas pembalap asal Jerman kelahiran 1987 itu.

Baca Juga: Eks Pembalap Nascar Tewas Ditusuk di Pom Bensin, Pelaku Kabur dan Akhirnya Ditembak Mati Polisi

Juara dunia F1 empat kali Sebastian Vettel akan mendapatkan kesempatan untuk mengemudikan mobil berusia 100 tahun yang diberi nama Aston Martin TT1 itu.

Mobil balap satu abad berwarna hijau itu juga dijuluki dengan 'Green Pea', dan akan dikendarai Vettel menjelang Grand Prix Perancis F1 2022 di sirkuit Paul Ricard.

Baca Juga: Mobilnya Terbakar saat GP Austria, Carlos Sainz Serukan Respons Kebakaran F1 yang Lebih Cepat

 



Sumber : AP

BERITA LAINNYA



Close Ads x