Kompas TV internasional kompas dunia

Bertemu PM Jepang Kishida, Jokowi Sampaikan Dukacita untuk Shinzo Abe

Kompas.tv - 27 Juli 2022, 12:59 WIB
bertemu-pm-jepang-kishida-jokowi-sampaikan-dukacita-untuk-shinzo-abe
Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida di Kantor Perdana Menteri Jepang, Tokyo, Rabu (27/7/2022). (Sumber: Kompas.com/dok Sekretariat Presiden)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan sambutan hangat dari Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida saat tiba di Kantor PM Jepang, Tokyo, Rabu (27/7/2022).

Dalam pertemuan itu, Jokowi kembali menyampaikan ucapan dukacita atas meninggalnya mantan PM Jepang Shinzo Abe pada 8 Juli 2022.

"Atas nama masyarakat Indonesia, sekali lagi saya menyampaikan rasa dukacita yang mendalam atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe," kata Jokowi seperti seperti dikutip dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Rabu.

Jokowi menuturkan Shinzo Abe merupakan pemimpin Jepang yang telah membawa hubungan kedua negara , yakni Indonesia dan Negeri Sakura tersebut menjadi kemitraan strategis.

Kishida juga menyampaikan terima kasih atas ucapan belasungkawa Jokowi dan masyarakat Indonesia kepada mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

“Kami akan terus membela demokrasi dan melanjutkan kerja almarhum untuk memperkuat hubungan baik dan kerja sama dengan Indonesia,” ujar Kishida.

Dalam kesempatan itu, Kishida juga menyampaikan apresiasinya atas kedatangan Jokowi ke Jepang.

Baca Juga: Agenda Jokowi di Jepang Hari Ini, Bertemu Perdana Menteri dan Kaisar

"Selamat datang di Jepang, saya sangat mengapresiasi kedatangan Presiden Jokowi sebagai ketua G20. Terima kasih juga atas sambutan hangatnya saat saya ke Indonesia akhir April lalu," ucap Kishida.

Sejumlah pejabat turut mendamping Presiden Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan PM Kishida, di antaranya Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Kemudian Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi.

Seperti diketahui, Abe meninggal dunia setelah ditembak seorang pria bernama Tetsuya Yamagami (41 tahun) saat ia sedang berpidato di dekat Stasiun Yamato-Saidaiji di Kota Nara, pada 8 Juli 2022.

Jokowi sebelumnya juga telah menyampaikan ucapan belasungkawa melalui akun Twitter-milknya @jokowi, pada hari wafatnya Abe.

Saat itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Surakrata ini menyatakan, Indonesia akan selalu mengenang jasa Abe yang memperkuat hubungan kerja sama antara kedua negara.

"Kami akan selalu mengingat kontribusi Abe dalam memperkuat kerja sama Indonesia-Jepang. Semoga keluarga PM Abe dan rakyat Jepang diberikan kekuatan di masa sulit ini," tulis Jokowi di akun Twitter-nya ketika itu.

Baca Juga: Presiden Jokowi Kunjungi 3 Negara Asia Timur, Bahas Kerja Sama hingga Isu Kawasan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x