Kompas TV nasional peristiwa

Disebut Dialiri Dana ACT Rp 10 Miliar, Ini Profil Koperasi Syariah 212

Kompas.tv - 26 Juli 2022, 11:54 WIB
disebut-dialiri-dana-act-rp-10-miliar-ini-profil-koperasi-syariah-212
Ilustrasi 212 Mart, salah satu produk dari Koperasi Syariah 212 (Sumber: Situs resmi Koperasi Syariah 212 )
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Berikut ini merupakan profil Koperasi Syariah 212 yang menjadi sorotan lantaran disebut Polri menjadi salah satu lembaga yang dikaitkan dengan dugaan penyelewengan dana dari Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Dilansir dari situs resmi, Koperasi Syariah 212 sendiri menyebut diri sebagai Koperasi Primer Nasional yang didirikan oleh tokoh-tokoh umat Islam sebagai implementasi semangat Aksi 212 yang penuh persaudaraan dan kebersamaan.

“Semangat ini kemudian diwujudkan pada upaya menjadikan Koperasi Syariah 212 sebagai wadah perjuangan ekonomi untuk mencapai kemandirian ekonomi umat,” tulis situs resmi mereka, dikutip Selasa (26/7/2022).

Koperasi Syariah 212 didirikan pada tanggal 6 Januari 2017 dan diluncurkan di Ruang Al-Hambra, Andalusia Islamic Center, Sentul City, Bogor.

Koperasi Syariah 212 mendapatkan pengesahan dari pemerintah melalui Surat Keputusan Menteri Koperasi dan usaha Kecil Menengah No. 003136/BH/M.UMKM.2/I/2017 yang dikeluarkan oleh Kementerian Koperasi dan UKM pada tanggal 19 Januari 2017.


 

Untuk produknya, Koperasi Syariah membawahi beberapa produk.

Mulai dari Air Mineral 212, 212 Mart, E-coop (Aplikasi Koperasi dan pembayaran) hingga wakaf pengembangan ekonomi umat.

Koperasi Syariah 212 dan Ekonomi Umat

Koperasi Syariah 212 juga mempunya visi dan misi terkait pengembangan ekonomi umat. 

Yakni, menjadi 5 (lima) besar Koperasi di Indonesia dari sisi jumlah anggota, penghimpun dana tabungan, jaringan, dan kekuatan investasi pada sektor-sektor produktif pilihan pada tahun 2025.

Selain itu, misi Koperasi 212 adalah  mengoptimalkan segenap potensi ekonomi dan sumber daya umat baik secara daya beli, produksi, distribusi, pemupukan modal serta investasi dalam sektor produktif pilihan yang dijalankan secara berjamaah, amanah, profesional.

“Mampu mendatangkan kesejahteraan pada tataran individu/keluarga, serta mewujudkan izzah (kemuliaan) pada tataran keumatan,” tulis misi Koperasi 212.  

Sedangkan tujuannya adalah membangun Ekonomi Umat yang terpercaya, profesional, besar dan kuat sebagai salah satu penopang pilar ibadah, syariah dan dakwah menuju kebahagiaan dunia dan keselamatan akhirat.



Sumber : Kompas TV/Koperasisyariah212.co.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x