Kompas TV entertainment lifestyle

Ini Alasan Mengapa Anda Disarankan Sarapan Oat Setiap Hari, Simak Penjelasannya

Kompas.tv - 26 Juli 2022, 06:28 WIB
ini-alasan-mengapa-anda-disarankan-sarapan-oat-setiap-hari-simak-penjelasannya
Ilustrasi oat untuk sarapan. (Sumber: Unsplash/micheile dot com)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Oat merupakan salah satu biji-bijian yang paling sehat di bumi karena kaya akan nutrisi dan menyehatkan tubuh.

Studi menunjukkan bahwa oat memiliki segudang manfaat, termasuk menurunkan berat badan, mengontrol kadar gula darah, dan menurunkan risiko penyakit jantung.

Oat menjadi salah satu sumber makanan yang cukup populer di kalangan orang-orang yang tengah menjalani program penurunan berat badan. 

Baca Juga: Hindari 5 Kebiasaan Sarapan yang Buruk Ini untuk Cegah Penuaan Dini

Bagi Anda yang ingin memperbaiki pola hidup sehat, oat bisa menjadi alternatif sebagai menu sarapan. Cara masaknya yang praktis, bisa disajikan dalam bentuk apapun, dan rasanya yang lezat tentunya menjadi poin plus tersendiri.

Alasan oat baik untuk sarapan

Oat mengandung sumber karbohidrat dan serat yang baik, termasuk serat beta-glukan yang kuat. Tak hanya itu, oat juga sumber protein berkualitas tinggi, serta mengandung vitamin dan mineral yang tinggi.

Dengan kandungan tersebut, oat dapat dikonsumsi setiap hari, khususnya untuk sarapan. Sebab, beta-glukan di dalamnya mampu membuat rasa kenyang yang lebih lama.

Setidaknya ada lima manfaat dari oat yang sayang jika dilewatkan untuk sarapan. Berikut penjelasannya, melansir Healthline.

1. Oat kaya antioksidan

Oat mengandung banyak antioksidan, termasuk avenanthramides. Antioksidan tersebut dapat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dan melancarkan aliran darah.

Selain itu, avenanthramides juga memiliki efek anti-inflamasi dan anti-gatal.

Baca Juga: Sarapan Bubur Bikin Cepat Lapar, Kenapa Ya?

2. Mampu menurunkan kolesterol

Tak sedikit penelitian yang menemukan bahwa serat beta-glukan dalam oat dapat mengurangi kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah Anda.

Oat juga dapat melindungi kolesterol jahat dari oksidasi yang dapat menyebabkan perkembangan penyakit jantung serta stroke.

3. Mengontrol gula darah

Dalam studi yang dilakukan pada tahun 2016 lalu, ditemukan bahwa oat mampu meningkatkan sensitivitas insulin. Hal ini tentunya membantu kadar gula darah, khususnya untuk orang dengan kelebihan berat badan dan diabetes tipe 2.

Baca Juga: Tips Memilih Sarapan Biar Tak Mual dan Begah

4. Menurunkan berat badan

Lagi-lagi, beta-glukan dalam oat mampu meningkatkan pelepasan peptida YY (PYY), hormon yang diproduksi usus sebagai respons terhadap makan. Hormon yang disebut hormon kenyang ini dapat membantu mengontrol nafsu makan dan asupan kalori.

Oat juga dapat memperlambat pengosongan lambung dan membuat Anda merasa lebih kenyang. Hal ini tentunya dapat membantu menurunkan berat badan.



Sumber : Healthline


BERITA LAINNYA



Close Ads x