Kompas TV regional berita daerah

Tak Lazim, Ayam Jantan Milik Warga di Pemalang Hidup Tanpa Bulu

Senin, 25 Juli 2022 | 12:04 WIB

Penulis : KompasTV Jateng

PEMALANG, KOMPAS.TV - Tak lazim, jika seperti ayam ternak pada umumnya yang memiliki bulu hitam, putih atau pun cokelat, asa seekor ayam jantan yang hidup tanpa bulu. Ayam tersebut adalah milik Liswati, warga Desa Mengoneng, Kecamatan Bojongbata, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Menurut Liswati, saat telur menetas ayam ini masih memiliki bulu. Namun, setelah beberapa hari, tiba-tiba bulu di tubuhnya rontok hingga habis. Ayam jantan tanpa bulu tersebut tidak pernah berkumpul dengan ayam lainnya yang menganggap bukan kelompoknya, sehingga kerap diserang atau dipatok.

Layaknya ayam jantan pada umumnya, setiap menjelang pagi ayam selalu berkokok dan mengibaskan sayap. Namun karena tidak ada bulu, sehingga terlihat tak lazim.

"Hilang sendiri bulunya, udah tujuh bulan. Ya aneh dan geli," kata Liswati.

Melihat ayam tersebut, warga sekitar mengaku senang, karena ada ayam unik sekaligus langka di daerahnya. Ayam ini diduga memiliki kelainan gen, sehingga tumbuh tanpa bulu.

"Itu kalau menurut kedokteran hewan, kemungkinan kelainan genetik. Itu termasuk binatang yang langka," tutur Ander, Ketua RT Desa Mengoneng.

Liswati mengaku, tidak akan menjual ayam yang tak lazim miliknya. Ayam tersebut akan ia pelihara sampai besar.

#ayamtanpabulu #unik #pemalang


Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x