Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Bukan Anak Usaha Lion Air, Ini Profil Pengelola Baru Bandara Halim Perdanakusuma

Kompas.tv - 25 Juli 2022, 08:21 WIB
bukan-anak-usaha-lion-air-ini-profil-pengelola-baru-bandara-halim-perdanakusuma
Desain tampilan Bandara Halim Perdanakusuma setelah direvitalisasi. (Sumber: Dok. Wika )
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Usai direvitalisasi, pengelolaan Bandara Halim Perdanakusuma akan diserahkan dari Angkasa Pura II ke PT Angkasa Transportindo Selaras (ATS). Sebelumnya beredar kabar, jika ATS adalah anak usaha dari Lion Air Group. Namun kabar tersebut dibantah oleh pihak Lion Air.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro menegaskan, PT ATS tak lagi menjadi bagian dari anak perusahaan Lion Air Group.

Perusahaan milik konglomerat Rusdi Kirana itu juga tidak ada hubungannya dan tidak terlibat dengan pengelolaan Bandara Halim.

"Lion Air menyatakan PT Angkasa Transportindo Selaras (ATS) tidak lagi menjadi bagian dari Lion Air Group sejak Desember 2020," kata Danang seperti dikutip dari Kompas.com, Senin (25/7/2022).

Baca Juga: Patuhi Putusan MA, AP II Akan Serahkan Lahan 21 Hektar Bandara Halim ke TNI AU

"Hal-hal yang terkait dengan pengoperasian Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma berdasarkan perkembangan berita dan informasi, dipersilakan untuk konfirmasi dengan pihak PT Angkasa Transportindo Selaras (ATS)," tambahnya.

PT ATS ternyata kini sudah menjadi bagian PT Whitesky Airport Asia, yang merupakan milik Whitesky Group. CEO Whitesky Group Denon Prawiraatmadja mengatakan, saat ini pemegang konsesi Bandara Halim Perdanakusuma adalah PT ATS.

Perusahaan itu juga akan mengelola apron, terminal penumpang dan area parkir yang ada di atas lahan 21 hektar, setelah diserahkan oleh Angkasa Pura II.

“Di mana penguasaan aset BMN (barang milik negara) seluas 21 hektar milik TNI-AU adalah PT ATS berdasarkan putusan Mahkamah Agung (MA) nomor 527/PK/PDT/2015,” ujar Denon.

Baca Juga: Revitalisasi Bandara Halim Capai 72,6 Persen, Runway Siap untuk Latihan Militer dan Penerbangan VIP

Sebelum menjadi pengelola, PT ATS juga sudah terlibat dalam revitalisasi Bandara Halim Perdanakusuma, yang saat ini dalam proses penyelesaian pengerjaan landasan atau runway. 

“Selain itu, PT ATS juga sedang mempersiapkan proses pengembangan dalam pembangunan Terminal di Bandara Halim Perdanakusuma,” ucapnya.



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x