Kompas TV nasional peristiwa

Pagar Tribun Penonton JIS Roboh Saat Peresmian, Jakmania: Memang Ada yang Perlu Diperbaiki

Kompas.tv - 25 Juli 2022, 06:34 WIB
pagar-tribun-penonton-jis-roboh-saat-peresmian-jakmania-memang-ada-yang-perlu-diperbaiki
Pagar pembatas tribun di Stadion Jakarta International Stadium (JIS) roboh kala acara peluncuran arena olahraga tersebut, Minggu (24/7/2022). (Sumber: Kompas.com/Muhammad Naufa)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pegara pembatas tribun utara penonton di Jakarta International Stadium (JIS) sempat roboh saat malam peresmian, Minggu (24/7/22).

Terkait kejadian itu, Ketua Umum The Jakmania Dicky Sumarno mengakui memang masih ada yang perlu diperbaiki satu dua hal. 

"Mungkin memang namanya pertama kali, di grand launching memang ada yang perlu diperbaiki satu dua hal," kata Dicky kepada awak media, Minggu malam. 

Baca Juga: Grand Launching JIS, Anies: Stadion Dibangun Melunasi Janji Kepada Jakmania

Sebagai informasi, pada peresmian tersebut, diselenggarakan pertandingan persahabatan antara kesebelasan Persija dan juga klub asal Thailand Chonburi FC. 

Dicky bersyukur insiden robohnya pagar salah satu bagian tribun penonton di stadion tersebut terjadi saat peresmian JIS, bukan saat berlangsung pertandingan liga.

Sebab, kata dia, jika kejadian itu terjadi pada saat liga berlangsung, Persija akan kena denda.

"Untung pas grand launching bukan pas liga mulai, kalau nggak, Persija sudah didenda," kata Dicky. 

Dia berharap, momen peresmian ini dapat menjadi pelajaran bagi PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku penyelenggara dan juga pengelola JIS. 

Dicky mengingatkan bahwa karakter penonton bola berbeda dengan masyarakat umum di mana energi penonton bola bisa 100 kali lipat lebih banyak.

"Jadi memang ini momen belajar. Jadi pelajaran juga buat Jakpro, Pak Widi (Dirut Jakpro -red), karena karakter penonton bola beda ya sama masyarakat umum, kami bisa 100 kali lipat energinya buat nonton," kata Dicky. 

Baca Juga: JIS Diiresmikan, Anies Sebut Janji yang Dibayar Tunai dan Mahakarya Keringat Anak Bangsa

Dicky berpesan agar hal ini dapat menjadi evaluasi bagi Jakpro dan Pemprov DKI agar lebih memerhatikan aspek keselamatan penonton. 

Sebagai contoh, lanjut Dicky, ialah kondisi di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) yang sudah memiliki fasilitas lebih lengkap untuk keamanan penonton.

SUGBK, kata dia, sudah memiliki fasilitas yang cukup aman untuk pemandu suporter alias "capo" saat menyanyikan lagu-lagu dukungan.

"Artinya, banyak hal yang harus disiapkan, kalau di tempat lain, katakanlah di GBK sudah ada 'stagger' buat 'capo'-nya nyanyi segala macem. Kalau di sini (JIS) kan belum ada," kata Dicky.

Pada kesempatan tersebut, Dicky turut menyampaikan terima kasih kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sudah mengundang Persija pada acara tersebut dan memfasilitas Jakmania. 

"Terima kasih kepada pak gubernur sudah menunaikan yang sudah diomongin, terima kasih mengundang Persija untuk grand launching. Terima kasih juga sudah memfasilitasi Jakmania," kata dia.

Baca Juga: Pagar Tribun Penonton JIS Roboh, Anies Baswedan: Semangatnya Luar Biasa Tinggi

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x