Kompas TV nasional peristiwa

Wakil Wali Kota Depok Ingin Perlebar Trotoar seperti Sudirman, Anies: Memang Itu Tren Urban Dunia

Kompas.tv - 22 Juli 2022, 19:00 WIB
wakil-wali-kota-depok-ingin-perlebar-trotoar-seperti-sudirman-anies-memang-itu-tren-urban-dunia
Momen Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan sejumlah tamu dari Eropa melakukan catwalk di kawasan Sudirman, Dukuh Atas, Jakarta Pusat, Selasa (19/7/2022). (Sumber: Dok. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta)
Penulis : Hasya Nindita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pembangunan trotoar saat ini memang menjadi tren kota di seluruh dunia. 

Pernyataan ini ia sampaikan terkait dengan keinginan Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono ingin membangun trotoar yang lebar di kawasan Margonda usai viral Citayam Fashion Week di kawasan Sudirman, Dukuh Atas, Jakarta Pusat. 

"Jadi memang ini adalah satu tren urban di seluruh dunia, di mana mobilitas penduduk itu mengandalkan, satu, transportasi kaki, karena itu disiapkan trotoar," kata Anies kepada awak media di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (22/7/2022).

Baca Juga: Anies Tegaskan Belum Ada Larangan Gelar Citayam Fashion Week di Zebra Cross Dukuh Atas

Kedua, lanjut Anies, mobilitas penduduk juga mengandalkan transportasi umum karena itulah dibangun sejumlah fasilitasnya. 

"Bahkan transportasi umumnya sudah menuju transportasi umum bebas emisi. Kemudian sepeda, dan kendaraan bebas emisi lainnya. Jadi memang ini tren dunia," ujar Anies. 

Anies mengaku bersyukur jika daerah lain ingin menggunakan pendekatan yang sama dengan Jakarta, khususnya wilayah penyangga. 

Harapannya, ungkap Anies, seluruh kawasan Jabodetabek nantinya akan bersama-sama mengurangi emisi karbon, membangun kebiasaan jalan kaki dan hidup sehat. 

"Kami di Jakarta senang, dan kami berharap kalau misalnya ada pengalaman-pengalaman yang dibutuhkan dari Jakarta, kami siap untuk berbagi kepada semuanya," kata Anies. 


Anies mengatakan, banyak yang sudah datang ke Jakarta dari berbagai kota untuk studi banding khususnya soal transportasi umum, pejalan kaki, trotoar, dan sepeda. 

Baca Juga: Citayam Fashion Week, Wagub DKI Minta Anak-anak Pulang Maksimal Jam 10 Malam

Sebelumnya, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menilai banyak warganya yang lebih memilih ke Jakarta dibanding menikmati Depok karena persoalan trotoar.

Terutama trotoar di kawasan Margonda yang menurutnya tidak sebaik di kawasan Sudirman.

Karenanya, Imam ingin mebangun trotoar yang lebar di kawasan Margonda.

“Mungkin untuk jalan, jalan Depok mudah-mudahan bisa seperti Sudirman, minimal mendekati Sudirman,” kata Imam mengutip Tribunnews.com, Kamis (14/7).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x