Kompas TV olahraga kompas sport

Pakar Sepak Bola Malaysia Yakin Indonesia Tidak akan Pindah ke EAFF

Kompas.tv - 22 Juli 2022, 17:30 WIB
pakar-sepak-bola-malaysia-yakin-indonesia-tidak-akan-pindah-ke-eaff
Pemain Timnas Indonesia U19 merayakan kemenangan 7-0 atas Brunei Darussalam di ajang Piala AFF U19, Senin (4/7/2022). (Sumber: Twitter PSSI)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Pakar sepak bola Malaysia, Raja Isa, yakin Indonesia tidak akan pindah ke Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF).

Kabar Indonesia pindah federasi dari AFF menuju EAFF mulai jadi sorotan usai muncul dugaan main mata dalam kejuaraan Piala AFF U19 2022.

Lebih tepatnya, ketika Timnas U-19 Vietnam melawan Thailand pada laga terakhir Grup A Piala AFF U19 2022.

PSSI menganggap pertandingan Vietnam vs Thailand tersebut tidak menjunjung sportivitas karena kedua tim tidak berusaha mencetak gol setelah kedudukan imbang 1-1.

Bahkan PSSI juga sudah mengajukan nota protes resmi kepada AFF disertai bukti-bukti yang mendukung.

Melihat situasi tersebut, warganet mengumandangkan permintaan agar PSSI keluar dari AFF dan pindah ke federasi regional lain seperti EAFF.


Baca Juga: Jelang Piala AFF U16: Bima Sakti Kantongi Kerangka Skuad Utama Timnas U16 Indonesia

Terbaru, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan atau akrab disapa Iwan Bule, mengungkapkan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dengan pihak EAFF soal wacana itu.

Namun, Iriawan mengatakan, pindah federasi tidak bisa begitu saja dilakukan karena banyak mekanisme yang harus dilewati baik secara internal maupun eksternal.

Raja Isa, pria kelahiran Selangor, memberikan pandangannya soal laga Vietnam vs Thailand. Menurutnya, tak ada yang salah dengan laga tersebut.

"Baik Vietnam U-19 dan Thailand U-19 melakukan pekerjaan mereka dengan baik dan akan salah untuk mengkritiknya," ucap Raja Isa dikutip dari media Vietnam, Soha.vn via Kompas.com, Jumat (22/7/2022).

Raja Isa juga mengatakan, PSSI harus menunggu dengan sabar terkait keputusan pimpinan AFF sebelum pindah ke EAFF. Ia juga mempertanyakan tentang tujuan PSSI jika nantinya pindah ke EAFF.

"PSSI juga harus memiliki masterplan ke depan, apa yang harus mereka tetapkan sebagai tujuan dan arah utama mereka ketika datang ke EAFF?" tutur Raja Isa.

"Cukup adil untuk mengatakan bahwa bermain melawan Jepang atau Korea secara teratur akan baik untuk tim mereka," ucapnya.

Terlepas dari kemungkinan itu, Raja Isa meyakini PSSI tidak akan mungkin keluar dari AFF. Pasalnya, Indonesia memiliki sejarah panjang di AFF termasuk menjadi salah satu pendiri Federasi Sepak Bola Asia Tenggara itu.

"Tapi, saya pikir kemungkinan bergabung dengan EAFF tidak mungkin karena sejarah panjang Indonesia terletak di AFF," ujar Raja Isa.

"Saya yakin para ketua AFF akan memiliki solusi yang memuaskan untuk menyenangkan semua orang," tambahnya.

Baca Juga: Ketum PSSI Ungkap EAFF Senang jika Indonesia Mau Bergabung




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x