Kompas TV olahraga kompas sport

Ketum PSSI Ungkap EAFF Senang jika Indonesia Mau Bergabung

Kompas.tv - 20 Juli 2022, 00:15 WIB
ketum-pssi-ungkap-eaff-senang-jika-indonesia-mau-bergabung
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan bahwa EAFF senang apabila Indonesia mau bergabung. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengungkapkan bahwa Federasi Sepak Bola Asia Timur (EAFF) senang apabila Indonesia mau bergabung. 

Wacana kepindahan Indonesia dari Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) muncul setelah Timnas U19 tersingkir dari ajang Piala AFF U19 di penyisihan grup akibat kalah dalam head to head dari Vietnam dan Thailand. 

Vietnam dan Thailand saat itu dinilai tidak bermain fair play di laga terakhir, sehingga membuat Indonesia harus tersingkir. 

PSSI pun telah mengajukan protes agar AFF memeriksa pertandingan antara Vietnam dan Thailand. 

Atas kontroversi tersebut, netizen Tanah Air pun mendesak PSSI untuk keluar dari AFF dan pindah ke EAFF. 

Terkait hal itu, Iriawan mengatakan bahwa EAFF sudah mengontak PSSI melalui Sekjen Yunus Nusi. Federasi tersebut mengatakan bahwa mereka akan senang jika Indonesia bergabung. 

Namun Indonesia tidak bisa begitu saja pindah federasi karena ada mekanisme yang harus dilewati, baik secara internal atau eksternal. 

Baca Juga: Tundukkan Laos 2-0, Malaysia Juara Piala AFF U19 2022

"Iya, mereka (EAFF) sudah menyampaikan sesuatu lewat Sekjen (PSSI Yunus Nusi)," kata Iriawan dikutip dari Antara, Selasa (19/7/2022).

"Mereka senang kalau kami bergabung ke sana. Namun, kami mesti menghitung terlebih dahulu," ujarnya. 

Oleh karena itu, secara organisasi, Iwan menyebut pihaknya mesti mendiskusikan semuanya, terutama pada tingkat Komite Eksekutif (Exco) untuk menghitung untung-ruginya bagi Indonesia jika keluar dari AFF dan bergabung ke EAFF. 

"Kami harus mendiskusikannya dengan matang dan menghitung untung-ruginya," tuturnya. 


EAFF merupakan federasi sepak bola Asia Timur yang berdiri pada 28 Mei 2002 dan memiliki 10 negara anggota yaitu China, Taiwan, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Hong Kong, Guam, Macau, Mongolia dan Kepulauan Mariana Utara.

Sama halnya dengan AFF, EAFF juga memiliki sejumlah kompetisi seperti Piala EAFF, untuk putra dan putri dari beberapa tingkatan umur, juga futsal.

Piala EAFF 2022 saat ini juga tengah bergulir di mana pada laga perdana, Selasa (19/7/2022) petang tadi, Jepang mengalahkan Hongkong dengan skor telak 6-0.

Adapun di AFF, yang lahir pada 31 Januari 1984, Indonesia merupakan salah satu negara pendiri bersama Brunei Darussalam, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand. 

Baca Juga: Indonesia Dipaksa Keluar dari AFF dan Bergabung ke EAFF

 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x