Kompas TV nasional peristiwa

Tinjau Pengembangan Hunian Labuan Bajo, Jokowi Harap Penduduk dapat Manfaat

Kompas.tv - 22 Juli 2022, 12:54 WIB
tinjau-pengembangan-hunian-labuan-bajo-jokowi-harap-penduduk-dapat-manfaat
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek pengembangan sarana hunian pendukung kawasan pariwisata di Kampung Baru, Kawasan Pantai Marina, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (21/7/2022).  (Sumber: Humas Setkab/Jay)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek pengembangan sarana hunian pendukung kawasan pariwisata di Kampung Baru, Kawasan Pantai Marina, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (21/7/2022). 

Dia menuturkan, dalam penataan kawasan Marina tersebut, pemerintah tidak hanya menata plaza, mapupun amphitheater, namun juga melakukan penataan kampung di sekitar. 

Menurut penjelasannya, penataan kawasan tersebut bertujuan agar masyarakat setempat dapat memperoleh manfaat dari kegiatan pariwisata Labuan Bajo. 

"Penataan kampung ini diarahkan agar huni-hunian yang ada, itu bisa juga mendapatkan manfaat dari adanya pariwisata yang ada di Labuan Bajo," kata Jokowi dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Jumat. 

Dia menambahkan saat ini pemerintah berupaya memperbaiki rumah di kawasan untuk dijadikan pondok wisata maupun kios usaha. 

Baca Juga: Kunker Hari Kedua di NTT, Jokowi Tinjau Proyek Hunian Wisata Labuan Bajo dan Pengelolaan Air Minum

Harapannya, upaya ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar.

"Pemerintah pusat bersama pemda melakukan rehab rumah ke rumah. Ada yang dari rumah biasa menjadi pelaku usaha kios, kemudian di buat homestay," ujarnya. 

"Sehingga pariwisata di Labuan Bajo ini betul-betul juga memiliki manfaat untuk yang kecil-kecil, bukan hanya untuk yang bintang empat atau bintang lima, tapi yang kecil-kecil itu juga mendapatkan manfaat jadi naik kesejahteraannya."

Mantan Gubernur DKI Jakarta dan Wali Kota Solo ini juga berpesan penataan kawasan ini harus diikuti oleh pemeliharaan fasilitas serta pelatihan kepada pelaku wisata homestay. 

Jokowi pun menyampaikan program serupa juga dikembangkan di kawasan pariwisata lainnya, sehingga usaha-usaha kecil turut mendapat manfaat dari kegiatan pariwisatanya. 

"Ini kan (penataan kampung) sudah ada di beberapa tempat. Terakhir di Mandalika kita buat seperti ini, kemudian Labuan Bajo, nanti di Likupang juga akan seperti itu. Jadi semuanya yang kecil-kecil kita libatkan, di Borobudur, di Toba juga seperti itu, semuanya masyarakat dilibatkan," tegasnya.

"Artinya yang mendapat manfaat itu bukan hanya yang gede-gede saja."

Baca Juga: Kompolnas Ingatkan Peringatan Jokowi soal Kasus Kematian Brigadir J: Ini Bukan Main-main



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x