Kompas TV nasional rumah pemilu

PKS Akui Pemilihnya Ingin Mengusung Anies Jadi Capres di Pilpres 2024

Kompas.tv - 20 Juli 2022, 10:25 WIB
pks-akui-pemilihnya-ingin-mengusung-anies-jadi-capres-di-pilpres-2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Gedug DPRD DKI Jakarta, Selasa (31/5/22). (Sumber: Kompas.tv/HASYA NINDITA)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Juru Bicara DPP PKS Muhammad Kholid mengakui bila pemilihnya banyak yang kepincut dengan sosok Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan agar bisa diusung menjadi capres di Pilpres 2024 mendatang. 

Oleh sebab itu, Majelis Syuro akan mempertimbangkan namanya dalam menyongsong persiapan pesta demokrasi nanti. 

"Mayoritas pemilih PKS (menurut survey) memilih Pak Anies. Ini akan jadi pertimbangan penting yang akan disampaikan ke Majelis syuro," kata Kholid kepada wartawan, Rabu (20/7/2022). 

Baca Juga: Gaya Anies Baswedan Ajak Pimpinan Bank Investasi Eropa Catwalk di Spot Citayam Fashion Week

Ia menyebut, DPP PKS tak memiliki kewenangan untuk memutuskan sosok capres dan arah koalisi partai di Pilpres 2024. Karena seluruh kader menyerahkan keputusan tersebut kepada jajaran Majelis Syuro PKS. 


 

"Nanti diputuskan sama Majelis syuro. Karena DPP PKS tidak punya kewenangan menentukan koalisi dan pencapresan. Kewenangan di Majelis Syuro. DPP ditugaskan bangun komunikasi politik untuk kemudian dilaporkan ke Majelis Syuro," ujarnya. 

Terkait usulan menduetkan Anies dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pilpres 2024, kata dia, lebih baik dipertimbangkan kembali karena untuk mengusung capres-cawapres tak boleh buru-buru. 

"Pilpres 2024 masih lama. Ojo kesusu! kita masih ta'arufan," katanya. 

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Nasdem Zulfan Lindan menjelaskan, alasan pihaknya mendukung Gubernur Jakarta Anies Baswedan pada gelaran Pilpres 2024 mendatang. Salah satu alasannya, karena di Pulau Sumatera nama Anies menjadi pilihan teratas dari seluruh pemilih di pesta demokrasi nanti. 

"Hasil penelusuran dengan insting komite dan diskusi di daerah-daerah itu, Anies itu bisa sapu bersih Sumatera," kata Zulfan Minggu (17/7/2022) seperti dikutip dari Kompas.com. 

Ia memprediksi, Anies akan mengalami kekalahan di Jawa Tengah. Namun akan menang di Jawa Barat. Lebih lanjut, kata Zulfan, Nasdem juga menyoroti fenomena jika Ketua Umum Partai Demokrat AHY dipasangkan dengan Anies. 

Baca Juga: Demokrat Beri Sinyal akan Berkoalisi dengan Nasdem dan PKS di Pilpres 2024

Hal itu menurutnya akan terjadi kecocokan dan berpotensi menang karena AHY juga berpotensi memenangkan suara di Jawa Timur. 

"Nah saya kira kalau terjadi antara Anies dan AHY ini selesai," ujarnya. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x